Iklan sukun new

Ferdy Sambo Bukan Orang Sembarangan, Komnas HAM Minta Penyidik Hati-hati

Ferdy Sambo Bukan Orang Sembarangan, Komnas HAM Minta Penyidik Hati-hati

Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi--

JAKARTA, radartegal.com - Ferdy Sambo bukan orang sembarangan, Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik meminta penyidik kasus pembunuhan Brigadir J hati-hati.

Taufan Damanik mengaku sudah mengingatkan penyidik Polri agar berhati-hati karena beberapa alasan.

"Jangan lupa kecuali Bharada E, semuanya masih dalam lingkaran FS. Bayangkan jika mereka semua di pengadilan nanti cabut BAP. Pusing nggak jaksa sama hakimnya. Misalnya mereka bilang kami waktu itu membuatnya karena terpaksa. Sekarang kami tarik," kata Taufan Damanik dalam sebuah video, Sabtu, 3 September 2022. 

Para saksi dan tersangka dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J masih berada di bawah kendali Ferdy Sambo. 

Tidak menutup kemungkinan mereka bisa mencabut atau mengubah kesaksian di berita acara pemeriksaan (BAP) saat di persidangan nanti. 

Hal itu diucapkan Taufan Damanik usai dialog Sumut belum ramah Disabilitas di kantor Yayasan Pusaka Indonesia di Medan, Sumatera Utara pada Jumat, 2 September 2022 kemarin. 

Dia mengatakan para tersangka seperti Kuat Ma'ruf, Bripka Ricky Rizal, hingga Putri Candrawathi berpotensi mengubah keterangan di sidang dengan alasan tekanan. 

Hanya Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E yang sudah dipastikan tidak lagi dalam kendali Ferdy Sambo. 

Saat ini, Bharada E dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). 

Terlebih, Bharada E yang mengubah pengakuan usai ditetapkan sebagai tersangka pada Agustus lalu. 

Dengan pengakuan Bharada E itu, Mabes Polri akhirnya menetapkan Ferdy Sambo sebagai tersangka, dikutip dari Fin.co.id. (*)

 

 

Sumber: fin.co.id