Isu Harga BBM Naik Tak Terbukti, Pertamina Malah Turunkan BBM Non-subsidi, Ini Daftar Lengkap Harganya

Isu Harga BBM Naik Tak Terbukti, Pertamina Malah Turunkan BBM Non-subsidi, Ini Daftar Lengkap Harganya

Foto: ilustrasi--

TEGAL, radartegal.com - Para pemilik dan pengendara sepeda motor di Kota Tegal ternyata banyak yang menjadi korban hoaks.

Gara-gara meyakini harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi pertalite dan solar akan naik per, Kamis 1 September pukul 00.00 WIB, mereka rela antre di sejumlah SPBU. Sejumlah SPBU di Kota Tegal dan sekitarnya mulai diserbu konsumen sejak, Rabu sore 31 Agustus 2022.

Alih-alih menaikkan harga jual pertalite dan solar, Pertamina malah melakukan penyesuaian harga BBM umum atau non-subsidinya. Kebijakan itu dilakukan dengan menurunkan harga tiga BBM non-subsidinya itu sejak, Rabu malam 31 Agustus 2022.

Penyesuaian harga itu bertujuan untuk mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Tiga BBM umum atau non-subsidi itu masing-masing pertamax turbo, dexlite, dan pertamina dex. Rerata penurunan harganya berkisar diantara Rp2.000 per liternya untuk tiap-tiap jenis BBM non-subsidi tersebut.

Meski begitu, penurunan harga BBM umum itu berbeda di setiap wilayahnya. Berikut daftar lengkap harga terbaru BBM non-subsidi di seluruh SPBU di Indonesia seperti yang dikutip dari laman www.pertamina.com.

1. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Pertamax Turbo Rp15.900

Dexlite Rp17.100

Pertamina Dex Rp17.400

 

2. Provinsi Sumatera Utara

Pertamax Turbo Rp16.250

Dexlite Rp17.450

Sumber: