Dibangun Secara Multi Years, KPT Diresmikan Bupati Brebes Idza Priyanti

Dibangun Secara Multi Years, KPT Diresmikan Bupati Brebes Idza Priyanti

TANDA TANGAN - Bupati Brebes Idza Priyanti saat menandatangani prasasti yang menandakan bahwa KPT telah diresmikan, Rabu, 31 Agustus 2022. -Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-

BREBES, radartegal.com - Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) Kabupaten Brebes diresmikan oleh Bupati Brebes Idza Priyanti bersama Wakil Bupati Narjo, Rabu 31 Agustus 2022. Kantor yang beralamat di Jalan Proklamasi 77 Brebes diresmikan setelah dibangun secara multi years tahun 2021-2022, dengan menyedot anggaran APBD hingga mencapai Rp112 miliar. 

Kepada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes Sutaryono dalam laporannya menjelaskan, pembangunan KPT dilaksanakan PT Istaka Karya KSO dengan Simander 777 (KSO). Anggaran awal dialokasikan sebesar Rp120 miliar.

Kemudian, dari ditenderkan melalui lelang dengan nilai kontrak Rp110 miliar lebih. Kemudian, dalam pelaksanaannya ada optimalisasi dari sisa anggaran tender sebesar Rp2 miliar. Sehingga, total anggaran yang digunakan untuk pembangunan KPT Rp112 miliar. 

"Optimalisasi ini digunakan untuk mencukupi pekerjaan interior, mechanical elektrikal karena banyak permintaan untuk AC. Selain itu, adanya perubahan kedalaman (borlock) tiang panjang, yang semula hanya 35 meter menjadi 53 meter," ujarnya. 

Dijelaskannya, sesuai kontrak, pekerjaan dilaksanakan mulai 20 Agustus 2021 sampai 24 Agustus 2022 atau 370 hari. Namun pada akhir kontrak pada 24 Agustus 2022, progres pekerjaan baru mencapai 98,5%. Artinya, ada kekurangan 1,5% pekerjaan yang belum selesai. 

Terkait kekurangan tersebut, pihaknya memberikan kesempatan perpanjangan selama 50 hari kepada pelaksana dengan denda berjalan. Sedangkan untuk posisi hari ini progresnya 99,33% . Artinya, ada peningkatan.

Terkait kondisi bangunan ini, lanjutnya, memang ada beberapa pekerjaan yang belum selesai, seperti pengecatan dan finishing lainnya. Untuk itu, dilakukan yang namanya jaminan mutu, sehingga yang tidak sempurna dihitung senilai Rp723 juta. 

"Tentunya kami merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Sehingga program mercusuar kita ternyata bisa selesai," jelasnya. 

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, dioperasikannya KPT akan bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Di sisi lain, Pemkab Brebes, saat ini telah memiliki kantor yang lebih representatif.

"Dengan adanya KPT saya berharap kinerja seluruh pegawai bisa terus ditingkatkan. Terutama dalam melayani masyarakat," pungkasnya. (*)

Sumber: