Belajar Kenali Diri Lebih Baik untuk Hasil Belajar Lebih Baik

Belajar Kenali Diri Lebih Baik untuk Hasil Belajar Lebih Baik

Penulis: Ninik Lestari, S.Pd, pengajar SDN Dukuhseti 02--

Materi pengenalan diri sendiri bagi siswa sekolah dasar menjadi salah satu materi penting yang perlu diajarkan. Pasalnya, dari materi ini, siswa akan belajar mengenali dirinya sendiri dengan lebih baik.

Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Karena dengan pengenalan diri yang baik, siswa akan mengetahui kelemahan dan kekuatan yang akan mendorongnya belajar berbagai materi pelajaran lainnya di bangku sekolah.

Materi pengenalan diri sendiri erat kaitannya dengan konsep diri. Konsep diri di sini adalah persepsi seorang, dalam hal ini siswa didik terhadap dirinya sendiri. 

Idealnya, tentu saja konsep diri dibangun sejak manusia dilahirkan. Pasalnya, konsep ini terbentuk melalui pengalaman, interaksi dengan lingkungan, serta pengaruh dari sosok yang dianggap penting. 

Sosok yang dianggap penting ini bisa orang tua di rumah atau guru pendidik di sekolah. 

Konsep diri sangat berpengaruh terhadap keberhasilan seseorang dalam menjalani semua aktivitasnya. Dalam proses belajar, konsep ini akan mempengaruhi siswa dalam kegiatan belajar mengajarnya.

Untuk siswa kelas 2, pengenalan diri difokuskan pada hal-hal yang mendasar. Terutama pada identitas diri siswa yang harus diketahuinya.

Siswa sebagai individu sangat penting untuk mengenali dirinya sebaik mungkin untuk mengembangkan dirinya dalam proses belajar di sekolah.

Setelah mengenali diri dengan baik, selanjutnya dia harus mulai mengenal temannya di sekolah, lingkungan sekitarnya untuk selanjutnya membangun kerja sama yang baik, sesuai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan sebelumnya.

Pentingnya materi pengenalan diri sendiri diajarkan di bangku sekolah dasar karena mengenali diri sendiri adalah bagian dari belajar tentang konsep diri. 

Hal ini tentunya sangat menentukan kesuksesan belajar peserta didik untuk materi-materi pembelajaran selanjutnya di kelas-kelas berikutnya. Jika sudah mengenali dirinya dengan baik, tentunya akan berlanjut dengan memahaminya dengan baik yang pada akhirnya menunjang proses belajar untuk hasil yang lebih baik, sesuai yang diinginkan semua pendidik. Semoga. (*/ima)

Sumber: