Pemkab Tegal Gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Purakusuma Persada

Pemkab Tegal Gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Purakusuma Persada

-Humas Pemkab Tegal-

LEBAKSIU, radartegal.com – Pemkab Tegal gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Purakusuma Persada, Kajen, Lebaksiu pada Rabu, 17 Agustus 2022 dini hari. 

Apel kehormatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia ini dipimpin oleh Komandan Tepbek IV-44-01-A Bekangdam IV/Dip Mayor CBA Tunggal.

Apel kehormatan dan renungan suci ini diikuti oleh unsur TNI-Polri, Korpri, Satpol PP dan organisasi kemasyarakatan. Sejumlah prosesi berlangsung didalamnya, di antaranya pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci oleh inspektur upacara.

“Sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Kami yang hadir pada hari ini untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian penghormatan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagian negara dan bangsa,” ucap Tunggal.

Usai pelaksanaan apel, pelaksana tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Nurhayati menyampaikan, kegiatan ini merupakan wujud penghormatan negara kepada para pahlawan yang berjasa dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia, termasuk mereka yang disemayamkan di TMP ini.

Selain itu, renungan suci ini juga mengisyaratkan agar generasi penerus pengisi kemerdekaan selalu mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang jiwa dan raga untuk mencapai kemerdekaan RI.

“Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus bisa mengisi kemerdekaan ini dengan bekerja sebaik-baiknya, belajar sebaik-baiknya dan melaksanakan tugas dengan penuh amanah sebagaimana yang dititipkan para pendahulu pendiri bangsa ini,” kata Nurhayati. (rtc/ima)

Sumber: