Upaya Turunkan Stunting Lewat Program Anakku Sehat dan Cerdas

Upaya Turunkan Stunting Lewat Program Anakku Sehat dan Cerdas

-Humas Pemkab Brebes-

BREBES- Pemerintah Kabupaten Brebes bersama South East Asian Ministers of Education Organization Regional Centre for Food and Nutrition (SEAMEO RECFON) dan Poltekkes Semarang menghadirkan program Anakku Sehat dan Cerdas di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. 

Program yang dilaksanakan selama dua hari itu (22-23/7) membidik target kegiatan pemerintah desa, pendidik PAUD dan orang tua anak didik PAUD serta masyarakat di desa setempat. 

Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya Baperlitbangda Kabupaten Brebes R. Rela Rahayuningsih mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan bersama SEAMEO RECFON dan Poltekes Semarang ini dalam hal penurunan stunting. 

Sejak 2021, program tersebut sudah dilakukan. Tahun ini, ditekankan dalam penurunan Stunting melalui Program  Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI).

"Program Anakku Sehat dan Cerdas melalui Paud HI adalah penanganan anak usia dini secara menyeluruh. Yakni mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan dan perlindungan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak," ujarnya. 

Dijelaskannya, layanan tersebut dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah, daerah dan pemerintah pusat yang diharapkan bisa menekan angka stunting. 

Layanan PAUD HI meliputi pengembangan karakter, pengembangan aspek dalam agama dan moral, motorik kasar dan halus, kognitif, serta bahasan dan sosial emosional.  

"Penerapan layanan PAUD HI pada satuan PAUD adalah layanan pendidikan, layanan kesehatan, gizi dan perawatan, layanan pengasuhan, layanan perlindungan dan layanan kesejahteraan," jelasnya. 

Lebih lanjut, dirinya menuturkan bahwa program tersebut bertujuan untuk memberikan model implementasi komponen esensial yang terintegrasi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. 

Dalam pelaksanaannya, pelatihan Program Anakku Sehat dan Cerdas akan mengacu pada 9 modul yang sudah disiapkan. (ded/ima)

Sumber: radartegal.com