Jadi yang Terbaik Tingkat Kota Tegal, Satkamling Seruni Dinilai Tim Polda Jateng

Jadi yang Terbaik Tingkat Kota Tegal, Satkamling Seruni Dinilai Tim Polda Jateng

-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

KOTA TEGAL - Setelah berhasil meraih predikat satkamling terbaik  dalam lomba Satkamling tingkat Polres Tegal Kota, Satkamling Seruni RT 03 RW 04 Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur mendapatkan kunjungan langsung dari Tim Penilai Lomba dari Polda Jateng Rabu (20/7) malam. Itu, untuk maju mengikuti lomba di tingkat Polda Jawa Tengah.

Katim Penilaian Lomba Satkamling Polda Jawa Tengah AKBP Dwi Ratnawati mengatakan, Satkamling yang dulunya siskamling merupakan bagian dari pengamanan swakarsa. 

Kegiatan lomba itu, bertujuan untuk  meningkatkan semangat siskamling dalam menciptakan keamanan di lingkungan masing-masing. 

"Karena untuk dapat menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif itu bukan semata menjadi tugas dan tanggung jawab Polri saja, tetapi kita bersama," katanya.

Menurutnya, Polri tidak mungkin bisa menciptakan situasi kambtibmas yang kondusif tanpa adanya bantuan dan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat. Karenanya peran serta aktif dari masyarakat sangat diperlukan agar semuanya dapat terwujud.

"Kriteria dalam penilaian lomba Satkamling terdiri dari beberapa aspek. Secara garis besarnya meliputi aspek kesiapan anggota pos kamling dan aspek pos kamlingnya itu sendiri," tandasnya.

Pos kamling, kata AKBP Ratna, minimal harus mempunyai peralatan standar. Seperti kentongan dan papan tanda-tanda sandinya, alat pemadam api sederhana, tongkat sebagai alat untuk melindungi diri, jas hujan, buku absen dan mutasi, lampu senter dan borgol.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Satkamling Seruni dari RT 03 RW 04 Kelurahan Kejambon. Karena, sudah mewakili Polres Tegal Kota untuk mengikuti lomba Satkamling di tingkat Polda Jawa Tengah.

"Keberadaan Satkamling merupakan wujud peran serta masyarakat atau Pam Swakarsa dalam menciptakan rasa aman di lingkungan tempat tinggalnya," ujar Kapolres.

Menurutnya, ini merupakan wujud nyata peran serta masyarakat bersama Polri yang didukung TNI. Untuk sama-sama mewujudkan kamtibmas dalam upaya pencegahan dan pengamanan di tiap lingkungan dan kelurahan.

Dengan lomba Satkamling ini, lanjut Kapolres, harapannya dapat menumbuhkan kembali Satkamling di tengah-tengah masyarakat karena saat ini kegiatan tersebut seakan-akan sudah hilang dan jarang dilaksanakan.

"Situasi kamtibmas yang kondusif itu merupakan dambaan kita bersama. Karenanya dengan adanya kegiatan lomba ini semoga dapat memberikan semangat kepada masyarakat untuk menggiatkan kembali Satkamling di lingkunganya dalam membantu tugas TNI-Polri agar rasa aman dan nyaman di Kota Tegal dapat terwujud," pungkasnya. (muj/ima)

Sumber: