Bikin Kagum, Bocah 11 Tahun di Tegal Piawai Mendalang

Bikin Kagum, Bocah 11 Tahun di Tegal Piawai Mendalang

DALANG CILIK- Inilah Lintang, bocah 11 tahun yang piawai mendalang.-Agus Wibowo/Radar Tegal Group-

KOTA TEGAL- Tinggal di wilayah pesisir, keuletan dan kegigihan bocah 11 tahun asal Tegal dalam dunia perwayangan patut diacungi jempol.

Siswa SD Tegalsari 1 Kota Tegal ini berhasil membuat kagum dengan kepiawaiannya mendalang. Padahal, karena keterbatasan biaya, wayang yang dia mainkan terbuat dari mika. 

Kepiawaian dan penyampaian yang lugas dari dalang cilik ini pun sempat membuat para penonton kagum. 

Tanpa teks dan bermodalkan menghafal, bocah kelahiran 17 November 2010 ini sudah mampu duduk bersila dan menceritakan sejarah seraya memainkan tokoh perwayangan. 

Dalang kecil yang berbakat ini adalah Lintang Kayon, yang tinggal di RT 04 RW 09 Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. 

Lintang baru saja duduk di kelas 6 SD Tegalsari. Dia mendadak senang dengan wayang setelah saat pandemi atau dua tahun yang lalu, diajak ayahnya menonton pertunjukan wayang. 

Sepulang acara, Lintang mendadak ingin menjadi dalang. Hingga dibuatlah wayang dari bahan mika oleh ayahnya, Agus yang merupakan guru SD Ihsaniyah Kota Tegal. 

Setelah jadi, Lintang yang sebelumnya menghafal sejumlah tokoh dan sejarah langsung hapal. Diapun kini sudah berani tampil di muka umum. 

"Tampilan di TBM Sekolah Alam PAI Sakila Kerti ini (kemarin malam-red) merupakan tampilan ke dua. Sebelumnya saya tampil di acara lomba Mapsi," terang Lintang. 

Saat ini dirinya baru menghapal dua cerita sejarah yang sudah dimainkan di atas panggung. Dua cerita itu yakni tentang Sunan Panggung dan Sunan Kalijaga.

"Awalnya saya senang baca puisi. Kemudian pas lihat wayang, saya tertarik dan belajar menghapal. Dan alhamdulillah saya bisa," akunya. 

Lintang juga mengaku saat menjadi dalang dan ngomong sendiri memang karena sebelumnya dirinya sudah menghapalkan alur ceritanya. 

Sehingga saat menjadi dalang dan memainkan sejumlah tokoh, dirinya mampu bercerita sambil memainkan tokoh wayang mikanya. 

Sementara itu orang tua Lintang, Agus mengaku bangga dengan anak keduanya ini. 

Sumber: radartegal.com