Iklan sukun new

Jembatan Poncol Diperbaiki, 4 Bulan Jalur Ruas Pejagan-Prupuk Ditutup

Jembatan Poncol Diperbaiki, 4 Bulan Jalur Ruas Pejagan-Prupuk Ditutup

-Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-

Adanya perbaikan Jembatan Poncol yang berada di Desa Kedungbokor Kecamatan Larangan, jalur selatan ruas Pejagan-Prupuk bakal ditutup total besok, Jumat (15/7). 

Informasi yang diterima, penutupan ruas tersebut akan dilakukan selama empat bulan atau hingga 12 November mendatang. 

Penutupan dilakukan di dua titik yakni di Fly Over Klonengan, Kabupaten Tegal dan Fly Over Dermoleng, Ketanggungan, Brebes. 

Arus lalu lintas di jalur Pejagan-Prupuk ditutup total, baik dari arah Jakarta menuju Purwokerto, maupun sebaliknya. Sedangkan kendaraan dialihkan di berbagai jalur alternatif. 

Kanit Keamanan dan Keselamatan Lalulintas, Satlantas Polres Brebes Ipda Syaiful mengatakan, sebelum dilakukan penutupan, pihaknya hari ini melakukan simulasi. Sebelum akan dilakukan penutupan total besok. 

"Untuk hari ini kita simulasi dulu, hal ini sebagai upaya bagaimana nanti petugas di lapangan melakukan rekayasa lalu lintas. Penutupan akan dilakukan besok untuk kelancaran perbaikan Jembatan Poncol," ujarnya. 

Dijelaskannya, untuk kendaraan arah Purwokerto dari Tol Pejagan akan dialihkan untuk keluar di Exit Tol Adiwerna, Kabupaten Tegal. 

Untuk kendaraan yang sudah ada di simpang Fly Over Dermoleng akan dialihkan lewat jalur Jatibarang-Slawi. 

"Untuk kendaraan dari jalur pantura menuju Yogyakarta ataupun Purwokerto, akan dialihkan untuk masuk tol dan keluar di Exit Tol Adiwerna. Atau exit tol selanjutnya," jelasnya. 

Sementara itu, untuk kendaraan lokal masih diperbolehkan melintas di jalur Pejagan-Prupuk. Sepanjang tujuannya sebelum Jembatan Poncol. 

"Sesuai jadwal dari PPK 1.4, penutupan ini akan berlangsung sampai 12 November 2022. Nanti ada empat petugas dari Satlantas Polres Brebes dan Dishub akan berjaga di Fly Over Dermoleng selama 24 jam," ucapnya. 

Sementara itu, PPK 1.4 Provinsi Jawa Tengah Deni Wiharjito mengatakan, penutupan arus lalu lintas di Fly Over Klonengan dan Fly Over Dermoleng untuk perbaikan Jembatan Poncol. 

"Perbaikan Jembatan Poncol adalah untuk penggantian plat beton. Rencana pengerjaan sampai pertengahan November. Tapi kami upayakan untuk melakukan percepatan, sehingga tidak terjadi kemacetan lebih panjang lagi," katanya. 

Ditambahkannya, selain adanya perbaikan jembatan, pihaknya juga bakal melakukan perbaikan jalan di wilayah Kecamatan Songgom sepanjang 5,7 kilometer. Pengerjaan perbaikan jalan ini juga akan dilakukan percepatan. 

Sumber: