Tagar #Tangkap AbuJanda Trending, Abu Janda Singgung Ustaz Adi Hidayat Sebar Video Hoaks Pattimura

Tagar #Tangkap AbuJanda Trending, Abu Janda Singgung Ustaz Adi Hidayat Sebar Video Hoaks Pattimura

Abu Janda--

Tagar #TangkapAbuJanda yang trending topic di Twitter langsung ditanggapi pegiat media sosial Heddy Setya Permadi atau yang akrab disapa Abu Janda. Seruan itu muncul usai Abu Janda mengunggah video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di akunnya di Instagramnya, @permadiaktivis2. 

Tampak dalam ytayangan video itu, Anies sedang menjelaskan mekanisme sistem yang digunakan Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menghimpun donasi dari masyarakat. Belakangan apa yang dilakukan ACT diduga disalahgunakan.

Ramainya tagar #TangkapAbuJanda membuat Abu Janda heran. Dia bahkan menyebut banyak orang yang tidak bisa membedakan video hoaks dan parodi.

"Video parodi mereka bilang hoax," ujar Abu Janda saat dihubungi JPNN.com, Jumat (8/7).

Abu Janda kemudian membandingkan unggahannya dengan potongan video ceramah Ustaz Adi Hidayat (UAH) soal nama asli Kapiten Pattimura. Dalam video itu, UAH menyebut bahwa pahlawan Kapiten Pattimura merupakan seorang muslim dan kiai.

"Ustaz Adi Hidayat yang jelas -jelas menebar hoaks, Pattimura namanya Ahmad. Mereka diam saja," tegas Abu Janda.

Dia lantas menjelaskan bahwa pada video unggahannya, Rabu (6/7), adalah editan sebagai plesetan. "Caption jelas ditulis parodi. Humor pelesetan, buat lucu-lucuan," tutur bu Janda. (*)

Sumber: jpnn.com