Perangkat Desa Dukuhjati Kidul Dilatih Operasional Website Desa

Perangkat Desa Dukuhjati Kidul Dilatih Operasional Website Desa

Kegiatan pelatihan operasional website desa ini merupakan implementasi dari nota kesepahaman yang telah disepakati bersama oleh Pemerintah Desa Dukuhjati Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal bersama STMIK Tegal.

Salah satu di antaranya adalah pelatihan bidang teknologi informasi.

Menurut Kepala Desa Dukuhjati Kidul Muhamad Irfai Amd, tujuan dari pelatihan ini adalah dalam upaya peningkatan kapasitas dan kapabilitas SDM perangkat desa guna memberikan pelayanan yang semakin prima kepada masyarakat. 

Pelatihan ini diharapkan mampu untuk memberikan solusi permasalahan misalnya tentang basis data terpadu kependudukan yakni tentang klasifikasi dan basis data penduduk guna memperoleh data valid dalam penerimaan bantuan dari pemerintah. 

Pelatihan ini juga dimaksudkan dalam rangka keterbukaan informasi desa serta upaya mengembangkan potensi desa antara lain agro wisata alam yang didukung oleh akses jalan yang memadai agar Desa Dukuhjati Kidul dikenal oleh masyarakat luas.

Sehingga diharapkan pelatihan ini berkelanjutan dalam bentuk pembangunan website desa yang akan dikawal oleh LPPM STMIK Tegal.

Bangkit Indarmawan Nugroho, M.Kom, ketua LPPM STMIK Tegal menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada kepala Desa Dukuhjati Kidul yang telah merespon kemajuan era teknologi IT dengan menggandeng STMIK Tegal guna peningkatan kapasitas dan kapabilitas SDM perangkat desa serta pengembangan potensi sumber daya alam melalui website desa.

LPPM STMIK Tegal siap mendampingi Pemerintah Desa Dukuhjati Kidul dalam merealisasikan desa berbasis teknologi informatika. 

Adapun materi pelatihan tentang website desa oleh Zaenul Arif, M.Kom, materi kependudukan oleh Rifki Dwi Kurniawan, S.Kom dan materi surat oleh Syefudin, S.Kom, M.Pd. Dosen STMIK Tegal hadir dalam mendampingi pelatihan diantaranya Aang Alim Murtopo, M.Kom, Sarif Surorejo, M.Kom dan Nugroho Adhi Santoso, M.Kom. (ima/rtc)

Sumber: