Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Sapi Meluas, Polisi di Tegal Periksa Hewan Ternak

Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Sapi Meluas, Polisi di Tegal Periksa Hewan Ternak

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi kini tengah merebak di sejumlah wilayah di Indonesia. Tidak mau kecolongan, jajaran Polres Bhabinkamtibas Polres Tegal langsung turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan peternakan sapi di desa binaannya, Kamis (12/5) siang.

Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafaat melalui Kasi Humas Ipda Untung Heru menyebutkan, pemeriksaan hewan ternak dilakukan di wilayah Desa Pepedan Kecamatan Dukuhturi bersama dengan Dinas Peternakan setempat dan Desa Curug Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal.

"Untuk di Desa Pepedan, ada 6 sapi yang dicek. Semua tidak ada Penyakit kuku dan Mulut (PKM)," katanya.

Kemudian, kata Ipda Untung, di Desa Curug dilakukan pemeriksaan terhadap 14 ekor sapi lokal. Hasilnya, sama belum ada tanda gejala sakit atau sapi tersebut dalam keadaan sehat dan kandangnya bersih dan terawat.

Untuk mengantisipasi, Ipda Untung mengimbau kepada peternak sapi untuk selalu menjaga kebersihan kandangnya. Sehingga, hewan ternak tidak mudah terkena wabah penyakit.

"Kemudian, jika menemukan tanda-tanda atau gejala di mulut dan kuku pada sapi, segera melaporkan ke mantri hewan terdekat atau dinas peternakan. Sehingga bisa dilakukan pemeriksaan supaya cepat penanganannya," tegasnya. (muj/ima)

Sumber: