Puncak Arus Balik Terjadi Kemarin, Hari Ini Volume Kendaraan Diprediksi Menurun

Puncak Arus Balik Terjadi Kemarin, Hari Ini Volume Kendaraan Diprediksi Menurun

PT Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR) menyebutkan bahwa puncak arus mudik terjadi pada Sabtu (7/5) lalu. Di hari itu sebanyak 88.887 kendaraan telah ke luar Jawa Tengah (Jateng) lewat Tol Pejagan-Pemalang. 

Kasi Pelayanan dan Transaksi PPTR Deny Harjono mengatakan, puncak arus balik terjadi sejak Sabtu malam. Dibanding kemarin, jumlah volume kendaraan hari ini diprediksi mengalami penurunan. 

"Diperkirakan puncak arus balik terjadi pada Sabtu (7/5) lalu, yakni 88.887 kendaraan. Hari ini, diprediksi volume kendaraan mengalami punurunan dari 60-70 ribu kendaraan," ujarnya, Minggu (8/5). 

Seperti diketahui, arus balik sudah mulai terasa sejak Selasa (3/5), tercatat sebanyak 17.434 kendaraan pemudik yang kembali ke Jakarta dan beberapa kota besar di Jawa Barat. 

Jumlah tersebut mengalami kenaikan pada Rabu (4/5), yakni 30.081 kendaraan. Begitu juga pada Kamis (5/5) jumlahnya kembali meningkat menjadi 46.411 kendaraan. 

Jumlah tersebut mengalami kenaikan pada Jumat (6/5) yakni sebanyak 72.970 kendaraan. Hingga pukul 19.50 WIB, PPTR masih memberlakukan sistem one way. 

Pantauan di lapangan, arus balik juga terasa di ruas Pantura Brebes. Mulai dari perbatasan Kota Tegal hingga perbatasan Jateng-Jabar, jalur pantura dipadati kendaraan pemudik. 

Arus balik yang terjadi di jalur pantura itu lebih didominasi pemudik sepeda motor yang akan kembali ke Jakarta atau kota besar lainnya. Namun, tidak sedikit mobil pribadi dan beberapa moda transportasi umum seperti bus, juga melintas. (ded/ima)

Sumber: