Pinggir Jalan di Kota Brebes Jadi Tempat Buang Sampah, Anggota DPRD Prihatin

Pinggir Jalan di Kota Brebes Jadi Tempat Buang Sampah, Anggota DPRD Prihatin

Pemandangan yang kurang indah terlihat di sejumlah titik jalan yang ada di wilayah perkotaan Brebes. Pasalnya, di beberapa lahan kosong di dekat jalan perkotaan berisi tumpukan sampah. 

Padahal lokasi itu bukanlah lokasi penampungan sampah. Apalagi, lokasinya berada di komplek perkantoran.

Salah satunya di dekat Kantor Dinas Perikanan yang berada di Jalan Yos Sudarso dan di depan Kantor Dinas Perikanan di Jalan Taman Siswa. 

Salah seorang penarik Becak, Sudarto (40) yang biasa mondar-mandir melintas di Jalan Yos Sudarso maupun Jalan Taman Siswa mengaku melihat tumpukan sampah itu awalnya sedikit. Namun kini semakin menumpuk karena bertambah banyak. 

"Tumpukan sampah yang makin banyak, jelas tercium bau tak sedap. Kondisi ini menganggu saya saat membawa penumpang. Penumpang juga mengatakan tidak nyaman saat melintas di sekitar tumpukan sampah di pinggir jalan itu," ujarnya, Sabtu (09/4) siang. 

Sementara itu, menanggapi prihal banyaknya tumpukan sampah dibeberapa titik di wilayah perkotaan Anggota DPRD Brebes Moh. Nizwar Alfisyahrin mengaku prihatin.

Dirinya menyayangkan sikap Pemkab Brebes yang seolah diam terkait keberadaan tumpukan sampah di wilayah perkotaan. 

"Walaupun ini ulah warga yang sembarangan buang sampah, tapi harusnya Dinas Lingkungan Hidup  dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Brebes bisa tanggap untuk melakukan pembersihan," ungkapnya. 

Anggota Fraksi Demokrat DPRD Brebes ini khawatir bila dibiarkan tanpa penanganan, akan semakin parah. Dan bukan hanya di pinggir jalan, namun bisa juga ke badan jalan. 

"Kalau sudah seperti itu, masyarakat sekitar maupun pengguna jalan akan terganggu karena bau menyengat. Kami harap pemkab bisa secepatnya tanggap dan memberikan sosialisasi ke masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: