Kepadatan Kapal yang Parkir di Pelabuhan Tegal Bikin Api Cepat Menjalar dan Sulit Dipadamkan

Kepadatan Kapal yang Parkir di Pelabuhan Tegal Bikin Api Cepat Menjalar dan Sulit Dipadamkan

Kebakaran kapal-kapal di Pelabuhan Tegal, Sabtu (29/1) pagi, sudah menghanguskan sedikitnya 13 unit kapal yang sedang lego jangkar. Banyaknya kapal-kapal yang terparkir di lokasi kejadian, menjadi penyebab kobaran api dengan cepat merembet dari satu unit ke unit lainnya. 

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat menyebut kepadatan kapal yang ada di lokasi menyebabkan api dengan cepat menyebar. Saat ini sudah ada sekitar 13 kapal yang terbakar. 

"Karena kepadatan yang terjadi menyebabkan api dengan cepat menyebar. Dan saat ini sudah ada 13 kapal yang terbakar," katanya. 

Menurut Kapolres, upaya yang dilakukan yakni melokalisir kapal-kapal yang terbakar agar tidak menyebar ke lainnya. Itu dilakukan lantaran lokasi yang sangat sempit sedangkan jumlah kapal cukup banyak mencapai ratusan. 

"Sehingga karena kepadatan itu, kita lakukan upaya ekstra dengan menerjunkan petugas pemadam kebakaran tidak hanya dari Kota Tegal. Tetapi juga dari Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes dan Pemalang," jelasnya. 

Kemudian, kata Kapolres, pihaknya juga memprioritaskan keselamatan warga dalam upaya penanggulangan. Sehingga, pihaknya berupaya mensterilkan lokasi dari warga yang datang. (muj/zul)

Sumber: