Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta, Penikmat Wajib Tahu...

Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta, Penikmat Wajib Tahu...

Tidak ada satu pun negara di dunia yang memiliki keragaman kopi seperti di Indonesia. Itulah sebabnya Indonesia dikenal sebagai surga kopi dunia.

Di Sumatera misalnya, hampir di semua wilayah kabupaten mulai dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam hingga Lampung bisa tumbuh kopi dengan citarasa yang spesifik.

Bukan hanya di Sumatera saja, bahkan wilayah-wilayah di pulau Jawa, Sulawesi, Bali, Nusatenggara, hingga Papua memiliki kopi yang khas. Secara garis besar ada dua jenis kopi, yaitu Arabika dan Robusta.

Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, namun jarang orang yang mengetahuinya meski ia seorang penikmat kopi. Secara sederhana, orang biasanya membedakan kopi Arabika dengan Robusta.

Yaitu Arabika itu kopi yang rasanya manis, sedangkan Robusta itu pahit. Atau bisa juga Arabika itu harganya kopi mahal dan Robusta kopi yang harganya lebih murah.

fin.co.id berusaha merangkum dua jenis kopi yang umum berada di tiap daerah di wilayah Indonesia sebagai berikut:

1. Kopi Arabika

Arabika adalah jenis kopi yang berasal dari dataran tinggi Ethiopia Barat. Arabika itu sendiri disebut demikian karena karena pada abad ke-7, biji kopi ini dibawa ke sebuah daerah dataran rendah di Arab.

Umumnya jenis kopi ini tumbuh pada ketinggian sekitar 3.000-7.000 kaki di atas permukaan laut.

Daerah subtropis adalah daerah yang ideal untuk kopi Arabika, karena umumnya daerah tersebut punya tanah gembur (atau tanah vulkanik), curah hujan merata, serta sinar matahari cukup, yang membuat Arabika dapat tumbuh dengan baik.

Namun, Arabika adalah jenis kopi yang tidak mudah untuk dirawat. Tanaman kopinya cukup rentan terhadap hama dan penyakit.

Dari sisi rasa, seperti disebut di atas bahwa kopi Arabika cenderung memiliki rasa manis, namun umumnya ringan saat diminum.

Secangkir kopi Arabika bisa digambarkan aromatik dan kaya akan rasa. Ini sebabnya, jika Anda membeli kopi Arabika di kedai kopi, anda dapat melihat tasting notes pada kemasannya, misalnya: floral, fruity, orange, buttery, chocolate, caramel, dan lainnya.

2. Kopi Robusta

Sumber: