TPS Balapulang Wetan Memprihatinkan, Sampah Berserakan di Pinggir Jalan

TPS Balapulang Wetan Memprihatinkan, Sampah Berserakan di Pinggir Jalan

Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah di Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal cukup memprihatinkan. 

TPS yang memiliki panjang 26 meter dan lebar 16 meter ini tidak dimanfaatkan secara maksimal. Warga membuang sampah di pinggir jalan bukan di dalam TPS.

Pantauan di lapangan, TPS Balapulang Wetan yang berada di ruas Jalan Balapulang-Pagerbarang sudah tidak mampu menampung sampah dari masyarakat sekitar. Sampah dibuang di tepian jalan sehingga berserakan membuat pemandangan dan bau tak sedap. 
Sampah berserakan memanjang hingga sekitar 20 meter dari TPS. 

Kepala Desa Balapulang Wetan Suaedi, Selasa (4/1) mengatakan, pengelolaan sampah menyangkut banyak pihak. Di antaranya Dinas Lingkungan Hidup (DLH), petugas sampah, masyarakat sekitar dan juga masyarakat di luar desa. 

Pasalnya, TPS Balapulang Wetan mampu menampung sampah dari masyarakat. Akan tetapi, masyarakat membuang sampah di tepi jalan sehingga berserakan membuat pemandangan tak sedap. Terutama, masyarakat dari luar desa yang membuang sampah di tepi jalan. 

"Yang jadi korban pihak desa dikira tidak mengurusi sampah. Kami sudah membersihkan sampah di tepi jalan, tapi ada lagi yang membuang di tepi jalan,” katanya. 

Dalam waktu dekat, tambah Suaedi, pihaknya akan mengeruk sampah yang di tepi jalan untuk dimasukkan ke TPS. Hal itu dinilai solusi untuk mengurangi sampah yang berserakan di jalan. 

Dirinya berharap dinas terkait untuk bisa mengangkut sampah di TPA. 

"Kami minta masyarakat juga tertib membuang sampah di TPS yang sudah disediakan. Jangan di tepi jalan, karena membuat pemandangan tak enak,” tambahnya. 

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Tegal dari Pagerbarang, Sayuti mengaku prihatin dengan kondisi sampah di Balapulang Wetan. Pihaknya berharap ada solusi dengan memindah ke lokasi lainnya. (guh/ima)

Sumber: