UTBK-SBMPTN Kini Ada Tes Kemampuan Bahasa Inggris-nya

UTBK-SBMPTN Kini Ada Tes Kemampuan Bahasa Inggris-nya

Tes Kemampuan Bahasa Inggris akan ditambahkan ke dalam materi tes dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 mendatang.

Penambahan itu dipastikan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Sabtu (25/12) kemarin.

Dengan begitu kini ada tiga materi di UTBK-SBMPTN 2020 yakni, Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kompetensi Akademik (TKA), dan Tes Kemampuan bahasa Inggris.

"Di 2022 ada tambahan bahasa Inggris," kata Ketua Pelaksana LTMPT, Budi Prasetyo dalam webinar, Sabtu (25/12).

Budi menjelaskan, pada UTBK-SBMPTN sebelumnya memang sudah ada materi bahasa Inggris, namun masuk dalam TPS. Tahun ini bahasa Inggris dipisah menjadi materi tersendiri begitu juga nilainya

“Tes bahasa Inggris ini intinya untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi," ujarnya.

Dikutip dari laman resmi LTMPT, berikut materi UTBK-SBMPTN 2022 untuk kelompok ujian sains dan teknologi (saintek) terdiri dari TPS, bahasa inggris, dan TKA saintek yang terdiri dari matematika, fisika, kimia, dan biologi.

Sedangkan untuk kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum) adalah TPS, bahasa inggris, serta TKA soshum antara lain geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi.

Terakhir untuk kelompok ujian campuran saintek dan soshum, adalah TPS, bahasa inggris, TKA saintek, dan TKA soshum. (fin/zul)

Sumber: