Pemilihan Juru Kunci Makam di Brebes Digelar seperti Pemilu

Pemilihan Juru Kunci Makam di Brebes Digelar seperti Pemilu

Desa Pakijangan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes ada hal luar biasa yang dilaksanakan, Senin (20/12). Layakanya pemilihan umum (pemilu), warga melakukan pemilihan juru kunci makam di Balai Desa setempat.

Pemilihan tersebut dilakukan, lantaran juru kunci sebelumnya berhalangan tetap atau meninggal dunia. Informasi yang berhasil didapatkan radartegal.com, ada dua kandidat yang diusulkan menjadi juru kunci pemakaman.

Kedua calon juru kunci makam yaitu Daskam dan Samsudin. Mereka dipilih oleh perwakilan RT dan RW dengan alasan untuk mempersingkat waktu. 

Menerapkan protokol kesehatan, sejumlah warga memilih calon juru kunci tersebut dengan menuliskan nomor urut calon yang akan dipilih pada kertas. Kertas berisi pilihan nomor urut ini kemudian dimasukkan ke dalam kotak. 

Setelah datu jam kemudian, hasil perhitingan pemilihan juru kunci pun selesai. Hasilnya, nomor urut 2 atas nama Samsudin dinyatakan keluar sebagai pemenangnya setelah memperoleh 26 suara, sedangkan lawannya, Daskam hanya dua suara. 

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pakijangan, Rustopo menyampaikan, pemilihan ini untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan juru kunci sebelumnya. Di mana, juru kunci sebelumnya meninggal dunia tersengat tawon vespa. 

"Pemilihan ini kita lakukan karena sebelas hari lalu juru kunci pemapaman tersengs tawon vespa dan meninggal dunia," ucapnya. 

Sementara itu, juru kunci makam baru Desa Pakijangan yang terpilih, Samsudin mengatakan, dirinya tertarik untuk menjadi juru kunci makam karena menginginkan kondisi makam lebih bersih dan terawat. 

"Saya mengakuti pemilihan ini karena ingin sekali makam di desa ini lebih bersih dan terawat," singkatnya. (ded/zul)

Sumber: