Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G di Balikpapan

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G di Balikpapan

Indosat Ooredoo, perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Kamis (16/12), mengumumkan peluncuran layanan komersial 5G di Balikpapan.

Peluncuran ini menandai komitmen lebih lanjut dalam mendukung revolusi 5G di Indonesia dan merupakan peluncuran yang terakhir di tahun ini. Sebelumnya lebih dulu diluncurkan di Solo, Jakarta, Surabaya, dan Makassar, serta memasuki babak baru sebagai pendukung transformasi digital Indonesia.

Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha meresmikan peluncuran layanan komersial 5G di Balikpapan yang dihadiri  Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM; Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor; Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud; Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Budi Santosa Purwokartiko; dan Head of Mobile Networks Nokia Indonesia, Frederic Chapelard.

President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, mengatakan sangat bangga dapat meluncurkan layanan komersial 5G Indosat Ooredoo di Balikpapan dalam melanjutkan revolusi 5G di seluruh negeri.

"Teknologi 5G ini kami harap akan mempercepat transformasi digital di Kalimantan, terutama untuk mendukung persiapan ibu kota baru Indonesia," tutur Al-Neama

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, mengatakan senang menjadi bagian dari perjalanan Indosat Ooredoo dalam merevolusi tanah air memanfaatkan kekuatan transformatif 5G.

"Balikpapan memiliki sumber daya alam yang potensinya sangat besar. Kami berharap teknologi 5G akan mengubah cara industri beroperasi sehingga dapat mendorong inovasi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan daya saing ekspor," kata Isran.

Peluncuran layanan komersial 5G Indosat Ooredoo di Balikpapan menghadirkan beberapa use case paling canggih, termasuk Smart City and Government dan Smart Industry.

Indosat Ooredoo meraih Asia Communication Award 2021 untuk kategori Smart City Project of the Year. Indosat Ooredoo meluncurkan inisiatif 'Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas' pada tahun 2017 karena menyadari bahwa pertumbuhan yang pesat akan membawa tantangan.

Gerakan ini sesuai dengan arah nasional untuk 'Smart City Master Plan' Indonesia, yang secara langsung juga sejalan dengan visi Presiden untuk menjadikan Indonesia sebagai 'Smart Nation'. (*/zul)

Sumber: