Masjid Agung Brebes Terbakar Gara-gara Sound System, Simak Kronologinya

Masjid Agung Brebes Terbakar Gara-gara Sound System, Simak Kronologinya

Selasa (14/12) sekitar pukul 10.00 WIB ruangan sound system Masjid Agung Brebes terbakar. Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik itu membuat sebagian atap masjid agung dan ruang sound system tersebut rusak dan hangus.

Menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Brebes Supriyadi dalam laporannya menyebutkan, kebakaran di ruangan sound system tersebut diduga adanya korsleting listrik. Sebelum terjadinya kebakaran terdengar suara gemericik api di ruang soundsystem oleh jemaah yang sedang salat Dhuha.

"Saat dicek di ruang tersebut langsung keluar asap dan terlihat ada api. Dan api sempat dipadamkan oleh saksi dan pengurus masjid. Namun, karena dirasa tidak mampu maka langsung menelepon petugas kebakaran untuk membantu memadamkan api. Api berhasil dipadamkan setelah dua mobil pemadam kebakaran diterjunkan," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, api yang bersumber dari ruangan sound system itu mengakibatkan sebagian atap masjid agung rusak.

Kasi Damkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Brebes Kisyanto membenarkan terkait peristiwa tersebut. Menurutnya, kejadian terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

"Tadi yang terbakar itu ruangan sound system dan sebagian atap (di tempat salat) dan alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," ujarnya.

Sementara itu, Pengurus Masjid Agung Brebes Sumarto mengatakan, diduga api berasal dari korsleting listrik yang ada di ruangan sound system di Masjid Agung Brebes. Akibar kejadian tersebut, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

"Untuk kegiatan jamaah, insya allah tidak terganggu, nantinya akan dipindahkan ke ruangan yang tidak bau asap," singkatnya. (ded/ima)

Sumber: