Korpri Katalis Transformasi Pelayanan Publik Digital

Korpri Katalis Transformasi Pelayanan Publik Digital

Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) harus menjadi pilar utama pemersatu bangsa dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai agen perekat kebhinekaan. 

Korpri juga mampu berkembang menjadi organisasi modern yang mampu menumbuhkan budaya inovasi, menciptakan iklim kompetitif dan kreatif.

Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan, Korpri modern dituntut lekat dengan penggunaan platform teknologi digital untuk membantu mempercepat transformasi pelayanan kepada masyarakat yang lebih sigap, cepat dan responsif. Adanya pandemi Covid-19 ini juga telah menjadi ujian ketangguhan birokrasi dalam upaya memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. 

Juga mendistribusikan bantuan sosial hingga pelayanan publik yang aksesibel dengan penggunaan teknologi nirkabel. 

"Peran Korpri menjadi sangat vital di mana harus bisa menjadi akselerator proses adaptif ASN dalam pemanfaatan teknologi dan informasi," katanya.

Di era persaingan terbuka seperti saat ini, tambah Umi Azizah, banyak tantangan yang harus dihadapi. Inovasi dan perkembangan teknologi global tidak saja membawa kemudahan pada kehidupan sehari-hari, tetapi mampu mengubah lanskap ekonomi, kehidupan sosial politik, hingga kehidupan berbangsa dan bernegara. Juga menjadi penghubung yang kuat antara masyarakat dengan pemerintah. 

Korpri juga harus benar-benar memahami peta kompetisi ke depan yang penuh ketidakpastian. Selain itu, Korpri juga harus mampu menjaga netralitas organisasi, menempatkan pelayanan masyarakat di atas kepentingan pribadi, organisasi dan golongan. 

"Tidak ada pilihan lain kecuali menuntaskan program pembangunan melalui inovasi yang berdaya saing. Dan berlandaskan ekspektasi dan kepuasan publik, penerapan standar pelayanan minimal baik berstandar nasional Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas Korpri Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono menyampaikan, para anggota Korpri tetap bersemangat dalam bekerja melayani kepentingan publik dan mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa sebagai prasyarat pembangunan nasional.

Korpri juga melakukan beberapa kegiatan seperti lomba konten video ucapan HUT Korpri, pertemuan ilmiah melalui konsep talkshow, pemberian beasiswa, pekan disiplin pegawai dan bakti sosial. Hal ini sebagai wujud untuk meningkatkan rasa kesetiakawanan dan kepedulian terhadap lingkungan serta jiwa sosial. 

Korpri Kabupaten Tegal juga memberikan bantuan untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bersama Dinkes (Dinas Kesehatan), membantu korban bencana banjir di Desa Banjaragung Kecamatan Warureja, pemberian bantuan kepada anggota Korpri dan masyarakat umum. (guh/ima)

Sumber: