DPRD Tegal Mendorong Program Pemulihan Ekonomi di APBD 2022

DPRD Tegal Mendorong Program Pemulihan Ekonomi di APBD 2022

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendorong agar anggaran APBD di Kota Tegal fokus kepada pemulihan ekonomi setelah dihantam pandemi Covid-19 selama 2 tahun. Sehingga, selaras dengan program pemerintah pusat. 

Anggota DPRD Kota Tegal Fraksi PKS Rahmat Raharjo saat menggelar reses Kamis (2/12) sore mengatakan, ada beberapa poin yang ditekankan dewan kepada Pemkot Tegal agar fokus dalam pemulihan ekonomi dalam APBD 2022. Di antaranya, terkait jaminan Kesehatan Nasional (JKN) agar bisa mencapai Universal Health Coverage (UHC). 

"Karena kesehatan ini salah satu bagian penting dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi. Ketika ada jaminan kesehatan, maka usaha menjadi lebih mantap walaupun tidak langsung menjadi program pemulihan ekonomi, faktor pendukungnya," katanya. 

Kemudian, kata Rahmat, pemerintah daerah harus memberikan kesempatan bagi warga untuk mengikuti berbagai pelatihan yang menjadi shortcut untuk menjalankan usahanya. Seperti pelatihan mencukur dan tata boga yang cukup simpel tetapi bisa langsung dipraktikkan untuk menuju kemandirian ekonomi. 

"Selanjutnya, karena wilayah kita rawan banjir, maka DPRD mendorong agar anggaran penanganannya mendapatkan porsi yang lebih. Sementara, dari pemda diharapkan dapat mencari dukungan anggatan dari pemerintah pusat," jelasnya. 

Terakhir, imbuh Rahmat, terkait dengan peninggian jalan di pantura, maka harus memperhatikan aliran drainase. Jika tidak, nantinya juga akan berdampak pada terjadinya banjir. (muj/ima)

Sumber: