Hati-hati, Begini Gejala Orang yang Terinfeksi Varian Baru Covid-19 Omicron

Hati-hati, Begini Gejala Orang yang Terinfeksi Varian Baru Covid-19 Omicron

Omicron, varian baru Covid-19 itu kini jadi pusat perhatian dunia. Tidak mudah membedakan apakah akibat Corona atau penyakit lain.

Omicron serupa dengan infeksi virus lainnya. Mutasi yang ditemukan di Afrika Selatan itu menunjukkan gejala yang ringan.

"Mirip dengan gejala penyakit apa pada anak. Mirip seperti infeksi virus lainnya. Varian ini menimbulkan gejala ringan seperti kelelahan," kata spesialis anak, dokter Anggraini Alam di Jakarta, Senin (29/11).

Menurutnya, bila anak menunjukkan gejala infeksi virus, perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahuinya. "Apakah anak terkena Omicron atau justru penyakit lainnya?" tambahnya.

Untuk mengetahuinya, rinci Anggraini, perlu tes lebih mendalam. Yakni mengirimkan sampel virus ke laboratorium pusat.

Seperti diketahui, World Health Organization (WHO), Minggu (28/11) lalu, mengatakan sejauh ini belum ada bukti tentang tingkat penularan dan keparahan varian Omicron. WHO menyebut perlu studi lanjutan untuk lebih memahami Omicron.

Saat ini, WHO sedang melakukan penelitian untuk menilai kemampuan Omicron bertahan dari perlindungan vaksin dan infeksi sebelumnya.

"Meningkatnya kasus, terlepas dari perubahan tingkat keparahan, dapat menimbulkan tuntutan besar pada sistem perawatan kesehatan. Dampaknya pada populasi yang rentan akan sangat besar. Terutama di negara-negara dengan cakupan vaksinasi rendah," papar WHO.

Dalam panduan terbarunya, WHO menegaskan negara-negara harus menggunakan pendekatan berbasis risiko untuk menyesuaikan langkah-langkah perjalanan internasional secara tepat waktu.

“Munculnya beberapa mutasi menunjukkan Omicron memiliki kemungkinan tinggi untuk lolos dari kekebalan dari perlindungan yang dimediasi antibodi. Namun, potensi untuk menghindar dari kekebalan yang dimediasi sel lebih sulit diprediksi. Ada ketidakpastian dalam menentukan besarnya potensi Omicron melawan kekebalan," terang WHO dalam panduannya. (rh/zul)

Sumber: