Jatinegara Dilanda Bencana Banjir dan Pergeseran Tanah

Jatinegara Dilanda Bencana Banjir dan Pergeseran Tanah

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Jatinegara menyebabkan Dukuh Karangsari Desa Wotgalih dilanda banjir akibat luapan Sungai Logeni. Sedang di Dukuh Pengasinan Desa Padasari RT 23 RW 06 mengalami pergeseran tanah.

Kades Wotgalih Kecamatan Jatinegara Warji, Selasa (23/11) mengatakan, hujan
dengan intensitas besar terjadi di wilayah Jatinegara, Senin (22/11) sejak pukul 18.45 WIB sampai Selasa (23/11) pukul 05.00 WIB.

Hal ini menyebabkan beberapa desa di wilayah Kecamatan Jatinegara merasakan dampaknya. Luapan Sungai Logeni masuk ke pemukiman penduduk di RT 01 RW 03.

"Ini menyebabkan 10 rumah  tergenang banjir dengan ketinggian air 20 sampai 40 centimeter," katanya.

Bahkan di Dukuh Karangsari, tambah Warji, air juga masuk ke permukiman penduduk. Luapan Sungai Logeni juga merusak beberapa tanaman pertanian milik masyarakat. Pihak pemerintahan desa bersama anggota TNI-Polri dan relawan langsung mendatangi lokasi.

"Alhamdulillah kami langsung bergerak ke lokasi bencana. Mudah-mudahan Pemkab Tegal segera membantu warga yang mengalami kebanjiran," tambahnya.

Sementara itu, Kades Padasari Mashuri menambahkan, desanya mengalami pergeseran tanah di Dukuh Pengasinan RT 23 RW 06.

Dampak dari pergeseran tanah ada 5 rumah yang rusak. Di RT 12 RW 03, rumah salah satu warga, Nurito mengalami rusak, lantai rumah amblas dan keramik pecah. Saat ini aparatur desa dan unsur masyarakat sedang merencanakan kerja bakti untuk perbaikan rumah tersebut. (guh/ima)

Sumber: