Dedy Yon Ikut Upacara HUT ke-76 TNI Tingkat Nasional Secara Virtual

Dedy Yon Ikut Upacara HUT ke-76 TNI Tingkat Nasional Secara Virtual

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono bersama kepala daerah dan jajaran forkopimda se eks Karesidenan Pekalongan mengikuti Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara virtual Selasa (5/10) pagi.

Kegiatan dipusatkan di Halaman Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal.

Bertindak sebagai inspektur upacara dalam kegiatan yang dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta itu yakni Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. 

Dalam sambutannya, presiden menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI.

“Atas nama rakyat bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat hari ulang tahun ke-76 TNI, rakyat bangsa dan negara juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi bangsa Indonesia dan tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan,” ucap Joko Widodo.

Presiden juga mengingatkan pandemi masih menjadi tantangan Indonesia untuk tangani. Bila diibaratkan saat ini bangsa tengah perang melawan Covid-19.

"Saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut, perang yang sangat menguras tenaga, pikiran, mental dan semangat juang. Perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi, ilmu pengetahuan dan teknologi. Keberhasilan kita dalam menangani pandemi Covid-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI,” ujar Joko Widodo.

Joko Widodo juga mengapresiasi profesionalisme TNI dalam setiap penugasan. TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorang, kemampuan satuan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk alutsista telah digunakan dan dikerahkan setiap menunaikan tugas yang diberikan.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono juga mengapresiasi kinerja TNI, termasuk juga di masa pandemi yang masih berlangsung. Karenanya, dia mengucapkan HUT TNI yang ke-76.

"Harapan kami, mudah-mudahan TNI semakin jaya dan tentunya bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya untuk menjaga NKRI dan berperan dalam penanganan Covid-19,” tandasnya. (muj/ima)

Sumber: