Ditinggal ke Sawah, Rumah Semi Permanen di Buniwah Ludes Terbakar

Ditinggal ke Sawah, Rumah Semi Permanen di Buniwah Ludes Terbakar

Rumah semi permanen di Desa Buniwah Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal ludes terbakar, Minggu (3/10). Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, karena saat peristiwa itu terjadi pemilik rumah sedang pergi ke sawah. 

Kepala Markas PMI Sunarto, Senin (4/10) mengatakan, akibat kejadian tersebut, pemilik rumah mengalami kerugian hampir Rp10 juta. Musibah kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. 

Semula, korban atau pemilik rumah, Kliwon (55) dan istrinya, Suadah (52) sedang memasak sebelum pergi ke sawah. Setelah masakanmya matang, mereka sarapan. 

Kemudian sekitar pukul 09.30 WIB, keduanya pergi ke sawah. Sebelum beranjak keluar rumah, istrinya mengaku sudah memadamkan api di tungku dapur. 

"Namun setelah mereka pergi, mendadak api muncul dari atas dapur. Api sangat cepat merembet ke seluruh ruangan dapur yang terbuat dari kayu dan anyaman bambu," katanya. 

Kepulan asap dan api, tambah Sunarto, diketahui oleh tetangga korban. Saat melihat itu, warga bergegas meminta tolong untuk melakukan pemadaman. 

Sebagian warga juga ada yang melaporkan ke pemerintah desa, kecamatan, koramil, polsek, petugas Damkar dan anggota Sibat PMI. 

Dalam hitungan menit, api berhasil dipadamkan setelah ada petugas Damkar. Saat ini korban membutuhkan bantuan makanan dan material untuk memperbaiki rumahnya yang terbakar. (guh/ima)

Sumber: