Layanan Adminduk Melalui Laskar Den Baguse Dimaksimalkan

Layanan Adminduk Melalui Laskar Den Baguse Dimaksimalkan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal memaksimalkan Layanan Langsung Kelar dengan Bagus, Gesit, Sinergis, dan Gratis (Laskar Den Baguse). 

Hal itu untuk meningkatkan layanan pencatatan akta kelahiran di Kota Tegal. 

Kepala Disdukcapil Basuki mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi progres pelaksanaan layanan kelahiran pada fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) di kantornya belum lama ini. Rakor itu, membahas kendala dan hambatan dalam pelaksanaan Laskar Den Baguse. 

"Untuk progres dari setiap pengajuan akta lahir dari pemohon melalui fasyankes langsung diproses oleh petugas," katanya. 

Kemudian, kata Basuki, fasyankes saat ini sudah mendapatkan akses sistem yang sudah disediakan disdukcapil. Sehingga, pengajuan bisa lebih cepat dan pemohon bisa mendapat tiga dokumen sekaligus, yaitu Kartu Keluarga, Akta lahir dan KIA (Kartu Identitas Anak). 

"Laskar Den Baguse merupakan inovasi yang dilakukan disdukcapil bekerjasama dengan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas maupun klinik yang menangani kelahiran," ujarnya. 

Menurut Basuki, adanya kerja sama itu untuk memberikan kemudahan bagi para pemohon. Sehingga, warga akan mendapatkan dokumen kependudukan tanpa perlu datang ke kantor disdukcapil.

"Jadi cukup diajukan melalui layanan fasilitas kesehatan yang menangani kelahiran," pungkasnya. (muj/ima)

Sumber: