Hari Pertama Tatap Muka, Siswa SD di Tegal Belajar dengan Bermain

Hari Pertama Tatap Muka, Siswa SD di Tegal Belajar dengan Bermain

Hari pertama Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) mulai dilakukan di Kota Tegal, Jumat (1/10) pagi. 

Pada pelaksanaannya, siswa belajar dengan metode enjoy full learning untuk membangkitkan semangat minat. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Ismail Fahmi mengatakan, menyusul jenjang SMP, sejumlah SD di Kota Tegal sudah mulai pembelajaran tatap muka. Nantinya, setiap sekolah diwajibkan untuk melaporkan terkait perkembangan di sekolah. 

"Jadi sudah tersedia aplikasi yang diakses masing-masing sekolah untuk menginput informasi yang dibutuhkan," katanya. 

Informasi itu antara lain, kata Fahmi, jumlah siswa yang berangkat, ada tidaknya kondisi siswa yang kurang sehat dan kelancaran pembelajaran. Selain itu, juga pelaksanaan prokes apakah ada kendala atau tidak. 

“Selain sekolah, dinas juga wajib untuk melaporkan perkembangan setiap minggu sekali ke provinsi,” ujar Fahmi. 

Menurut Fahmi, dari 126 sekolah negeri dan swasta, baru 20 yang melakukan PTM. Sejumlah sekolah lainnya, telah mengajukan permohonan untuk bisa menggelar PTM. 

“Untuk piloting SD sementara ini 20 sekolah negeri dan swasta, yang lain pun sudah mulai mengajukan," ujarnya. 

Terhadap sekolah yang mengajukan permohonan, kata Fahmi, pihaknya akan segara melakukan verifikasi melalui korwil kecamatan bidang pendidikan. Jika sudah dinyatakan lengkap, maka akan setujui agar bisa tatap muka. 

Terpisah, Kepala SDN Kalinyamat Wetan 01 Kota Tegal Warniti mengatakan, di hari pertama, kegiatan belajar mengajar diganti dengan simulasi serta orientasi PTM. Metode yang digunakan yakni enjoyfull learning selama dua hari berturut-turut. 

"Harapannya, dapat membuat siswa nyaman di sekolah. Apalagi, selama hampir dua tahun ini, para siswa telah mengikuti belajar jarak jauh (PJJ) atau belajar daring," tandasnya. (muj/ima)

 

Sumber: