Obyek Wisata Guci Buka, Pantai Purin dan Lainnya Masih Tutup

Obyek Wisata Guci Buka, Pantai Purin dan Lainnya Masih Tutup

Obyek Wisata Pantai Purwahamba Indah (Purin) Suradadi dan sejumlah tempat wisata lainnya di Kabupaten Tegal masih tutup. Mereka belum diizinkan beroperasi karena Kabupaten Tegal masih Level 3 PPKM. 

Kepala Dinas Porapar Saidno, Selasa (7/9) mengatakan, saat ini yang baru diizinkan beroperasi hanya Obyek Wisata Guci, Bumijawa.

Guci dibuka tidak serta merta sebagai acuan bahwa wisata lainnya bisa langsung buka. 

"Sebenarnya Guci dibuka hanya untuk uji coba. Kami melakukan itu dalam kurun waktu satu pekan. Setelah itu, nantinya akan dievaluasi," katanya. 

Jika hasil evaluasi aman, tambah Saidno, maka dapat dilanjutkan kembali. Sedangkan destinasi wisata lainnya, bisa buka harus menunggu masuk PPKM level 2, tetapi bertahap dan tidak bisa langsung menerima pengunjung 100 persen. 

Untuk tahapannya, pengelola wisata harus melakukan simulasi sebelum dibuka untuk umum. Simulasi dilakukan sama persis seperti yang sudah dilaksanakan di Obyek Wisata Guci. Harus menerapkan protokol kesehatan, mulai dari penjaga pintu masuk, pengunjung, hingga seluruh pelaku usaha di tempat wisata tersebut.

"Nanti kami akan melakukan komunikasi kepada pengelola wisata. Kami juga memberikan informasi mengenai apa saja yang harus dilakukan ketika ingin membuka wisata," tambahnya.

Dirinya berpesan kepada seluruh pengelola wisata di Kabupaten Tegal untuk mulai menyiapkan destinasi wisatanya masing-masing. Sehingga jika tiba waktu atau giliran melakukan simulasi pembukaan wisata, semuanya sudah siap dan berjalan dengan baik.

Namun, dirinya mengingatkan, semuanya terbatas dan paling penting harus mematuhi protokol kesehatan. (guh/ima)

Sumber: