Brebes Terima Jatah Droping 3.780 Dosis Vaksin Moderna

Brebes Terima Jatah Droping 3.780 Dosis Vaksin Moderna

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui dinas kesehatan (dinkes) setempat mendapatkan jatah droping 270 vial vaksin Moderna. Setiap vialnya diperuntukkan bagi 14  orang atau dosis. 

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Brebes Imam Budi Santoso, belum lama ini. 

Imam menyebutkan, dari jatah droping 270 vial tersebut diperuntukkan 3.780 dosis untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Brebes. 

"Saat ini kita mendapatkan 3.780 dosis vaksin Moderna yang sampai saat ini masih ada di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Dan secepatnya akan kita ambil," ujarnya. 

Dijelaskannya, untuk sampai saat ini kebutuhan vaksin untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Brebes mencapai 5.536 dosis. Karenanya, kekurangan kebutuhan vaksin tersebut nantinya akan diusulkan lagi ke pemerintah provinsi. 

"Memang vaksin Moderna ini khusus untuk tenaga kesehatan. Sehingga, nantinya tenaga kesehatan di Brebes yang sudah dua kali divaksin bisa mengikuti vaksin ketiga," jelasnya. 

Ditambahkannya, ada beberapa catatan dalam pemberian vaksin Moderna ke tenaga kesehatan di Kabupaten Brebes. Salah satunya, yaitu jika ada nakes yang pernah terpapar Covid-19 harus dinyatakan sembuh selama tiga bulan sebelum pemberian vaksin ketiga. 

"Saat ini kita sedang melakukan pendataan terhadap nakes untuk pakta integritas dalam penerimaan vaksin ketiga ini," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: