Pandemi Covid-19, Ketua ABMI Sebut Harga Bawang Merah Stabil

Pandemi Covid-19, Ketua ABMI Sebut Harga Bawang Merah Stabil

Meski di tengah pandemi Covid-19, Ketua Asosiasi Bawang Merah (ABMI) Pusat Juari menyebutkan, harga bawang merah di Kabupaten Brebes terbilang stabil. Saat ini, harga bawang di Kabupaten Brebes berkisaran Rp23 ribu per kilogramnya (kg). 

"Alhamdulillah untuk harga bawang saat ini stabil di kisaran Rp23 ribu per kilonya," ungkapnya saat dibubungi melalui sambungan telepon genggamnya, Minggu (8/8). 

Dijelaskannya, saat ini di Kabupaten Brebes memasuki masa panen bawang merah untuk kesekian kalinya di tahun ini. Khususnya di wilayah Kecamatan Brebes Kecamatan Bulakamba Kecamatan Larangan dan Kecamatan Wanasari. 

"Total saat ini kurang lebih ada 2.500-an hektare (lahan) yang masuk masa panen di Kabupaten Brebes," jelasnya. 

Ditambahkannya, untuk masa panenan saat ini, kebanyakan petani bawang tetap memilih untuk menjual hasil panennya. Namun, ada sebagian petani lainnya yang memilih untuk menyimpan hasil panen yang nantinya dijadikan bibit untuk ditanam saat musim penghujan. 

"Kebanyakan petani (bawang) memilih untuk menjual (hasil panennya). Namun, ada sebagian lagi ada yang menyimpannya," ucapnya. 

Salah seorang petani bawang merah di wilayah Kecamatan Tanjung Sutarto (60) memilih menyimpan hasil penennya untuk disimpan. Agar saat musim penghujan nanti dirinya tidak usah membeli bibit lagi. 

"Nggak (tidak) dijual mau disimpan buat bibit. Jadi, nanti saat musim penghujan gak usah beli bibit lagi," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: