Prioritaskan PKL, Vaksinasi Merdeka Candi Sasar 2.700 Orang

Prioritaskan PKL, Vaksinasi Merdeka Candi Sasar 2.700 Orang

Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76, Polda Jawa Tengah menggelar vaksinasi Covid-19 di seluruh wilayah. Di Kota Tegal, ditargetkan ribuan warga akan divaksin melalui program yang dilaksanakan 5-17 Agustus mendatang. 

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan pihaknya membuka layanan vaksinasi merdeka candi dengan harapan masyarakat yang belum divaksin Covid-19 bisa mendapatkannya melalui program itu. Targetnya, sekitar 2.700 orang dengan memprioritaskan para pedagang kaki lima (PKL). 

"Tetapi, komunitas lainnya juga tetap kita layani. Bahkan, bukan hanya warga yang ber KTP Kota Tegal saja, namun siapa pun warga masyarakat yang berdomisili di wilayah hukum polres Tegal Kota juga akan dilayani,” ungkapnya. 

Sebelumnya, kata Kapolres, layanan vaksinasi juga diberikan disejumlah perusahan. Bahkan,   besok direncanakan ada dari komunitas ojek online. 

"Kita buat target setiap harinya, sehingga masyarakat lainnya yang sudah mendapatkan vaksinasi tahap pertama juga dapat mengikuti vaksin lanjutan,” ujarnya. 

Rita menegaskan, untuk lokasi vaksinasi sendiri dipusatkan di Mapolres. Pasalnya, personel yang ada di Polsek diminta untuk mengamankan layanan 1.000 gerai vaksin yang digagas Pemkot Tegal. 

"Sehingga kalau dilaksankan di Polsek-Polsek menjadi tidak efektif. Juga di Puskesmas dan kelurahan-kelurahan tentunya juga membuka gerai layanan vaksinasi,” jelasnya. 

Kapolres memprediksi, peminat dan animo masyarakat dalam vaksinasi Merdeka Candi ini bakal membludak. Karenanya, pihaknya juga telah menyediakan berbagai kebutuhan dan perlengkapan dalam mendukung pelaksananya. (muj)

Sumber: