Demi Percepatan Vaksinasi, 50 Tim Akan Disebar

Demi Percepatan Vaksinasi, 50 Tim Akan Disebar

 Dinas kesehatan akan menyebar sejumlah tim yang ditempatkan di titik yang telah ditentukan. Hal itu dilakukan demi percepatan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kota Tegal. 

Kepala Dinas Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari usai menghadiri penandatanganan kerja sama pemkot dengan rumah sakit dan perguruan tinggi mengatakan, kegiatan itu merupakan upaya mendukung tim vaksinasi. Utamanya, untuk memenuhi kebutuhan dalam percepatan vaksinasi di Kota Bahari. 

"Sebab, kita akan membentuk 50 tim vaksinasi yang akan disebar di wilayah," katanya. 

Menurut Prima, tim akan disebar diantaranya di kantor dinkes, rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, kecamatan, polsek, koramil, kelurahan, SD, SMP, SMA sederajat negeri dan swasta. 

Kemudian, perguruan tinggi, mall dan pusat perbelanjaan, pasar tradisional, GOR Wisanggeni dan rencananya akan meminjam halaman Gedung Birao. 

"Kita juga sudah melakukan pelatihan selama empat hari untuk petugas-petugas vaksinasi. Mereka dari mahasiswa dan organisasi profesi, yang dibekali sebelum diterjunkan ke lapangan," tandasnya. 

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, pihaknya akan melakukan vaksinasi secara masif dengan membuka gerai-gerai vaksinasi di kantor-kantor Polsek, Koramil, GOR Wisanggeni, dan sekolah-sekolah. 

"Sehingga percepatan vaksinasi ini bisa membuahkan hasil yang maksimal,” ujarnya. 

Menurut Dedy Yon, untuk merealisasikan penambahan lokasi vaksinasi, pihaknya juga akan menambah tenaga medis dan paramedik. Hal itu dilakukan karena ada keterbatasan tenaga medis dan paramedis yang ada. 

"Karenanya, kami mengajak kerja sama perguruan-perguruan tinggi dan rumah sakit yang ada di wilayah Tegal dan sekitarnya untuk merealisasikan rencana ini," tandasnya. 

Dedy Yon menyebut, pihaknya telah menandatangani kerja sama dengan tujuh perguruan tinggi yang memiliki konsentrasi ilmu kesehatan. 

Sehingga, mereka bisa menerjunkan para alumni dan mahasiswa semester akhir untuk membantu pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat. (muj/ima)

Sumber: