Kejar Target, Pemkot Tegal Rencanakan Buka 1000 Gerai Vaksin Covid-19

Kejar Target, Pemkot Tegal Rencanakan Buka 1000 Gerai Vaksin Covid-19

Pemerintah Kota (Pemkot Tegal) berencana membuka gerai vaksin dalam jumlah yang cukup banyak. Nantinya, lokasi itu akan dibuka di sejumlah titik yang ada.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono saat Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah yang dilakukan via aplikasi zoom di Command Room Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Senin (12/07) mengatakan, pihaknya akan membuka 1000 gerai vaksinasi. 

Gerai itu nantinya akan ada disebar di beberapa titik seperti GOR Wisanggeni, Koramil, Polsek, dan sekolah baik SMP dan SMA/SMK.

"Sebelumnya balai kelurahan, Polres dan puskesmas juga sudah dibuat tempat vaksinasi," katanya.

Dedy Yon menegaskan, 1000 gerai vaksin itu akan menjadi skala prioritas yang rencananya akan menggandeng institusi pendidikan melalui MoU untuk admin tenaga sukarela dengan sejumlah kampus dan sekolah lainnya. Bahkan seluruh mahasiswa, sekolah-sekolah dan anak didik untuk secepatnya divaksin.

"Kita akan menyiapkan 1000 gerai vaksinasi beserta seluruh sekolah-sekolah, kampus, peserta didik dan anak didiknya untuk segera divaksin," tandasnya.

Menurut Dedy Yon, vaksin itu rencananya diperuntukkan bagi masyarakat Kota Tegal dengan sasaran usia 13 sampai 103 tahun. Disebutkannya, saat ini warga yang sudah divaksin baru sebanyak 58.000 dari 287.000 jiwa. 

"Saat ini Kota Tegal membutuhkan sekitar 210.000 vaksin. Sedangkan sisa vaksin yang tersedia hanya 10.000 dan masih membutuhkan sekitar 160.000 vaksin. Oleh karenanya, saya berharap 1000 gerai vaksin bisa menjadi skala prioritas," ujarnya.

Dedy Yon juga berharap kekurangan vaksin tersebut dapat terpenuhi dalam waktu tiga bulan. Sehingga target pemberian vaksin sudah selesai di masa itu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik gagasan wali kota. Serta membantu dan mendukung untuk percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Tegal.

"Saya catat Pak Wali Kota. Banyak kabupaten/kota yang sangat bagus sekali. Saya sampaikan terima kasih, untuk kita dukung percepatannya," kata Ganjar. (muj/ima)

Sumber: