Juli 1 Juta Agustus 2 Juta Vaksin Per Hari, Jokowi: Tak Bisa Ditawar!

Juli 1 Juta Agustus 2 Juta Vaksin Per Hari, Jokowi: Tak Bisa Ditawar!

Program vaksinasi terus dikebut. Mulai 1 Juli 2021, target pemerintah adalah 1 juta per hari. Sedangkan Agustus menjadi 2 juta per hari.

Target ini merupakan sebuah keharusan dan tidak bisa ditawar. "Sekarang tak ada tawar-menawar, 1 juta bulan Juli harus. Selain itu, Agustus 2 juta juga harus," tegas Presiden Joko Widodo di Jakarta, Rabu (30/6).

Menurutnya, jika ekonomi Indonesia mau bangkit, salah satunya dengan vaksinasi. Jokowi memamerkan capaian Indonesia, yang saat ini berada di ranking 11 untuk vaksinasi dari 215 negara yang terkena COVID-19.

"Karena kunci pemulihan ekonomi urusan COVID harus bisa kita selesaikan. Kita kalau lihat dunia, 215 negara lebih yang terkena COVID, untuk urusan vaksinasi, Indonesia di urutan ke-11, cukup baik. Indonesia urutan ke-11. Saya yakin di Juli-Agustus akan naik. Karena target 1 juta dan 2 juta sudah berkali-kali saya sampaikan," jelasnya.

Jokowi juga mengungkapkan proses vaksinasi sudah berjalan lancar. Pada Rabu (30/6), sudah ada 42 juta dosis vaksin disuntikkan ke masyarakat.

Selain itu, Jokowi pun memberi target vaksinasi hingga Desember 2021. Jokowi yakin targetnya terlampaui. "Untuk Juli kurang-lebih 34 juta. Kemudian, Agustus 43,7 juta. Selanjutnya September 53 juta. Lalu, Oktober 84 juta. November 80,9 juta, dan Desember 71,1 juta.

"Memang targetnya tidak kecil. Tetapi setelah kita coba sehari bisa 1,3 juta. Karena itu, saya meyakini, meningkatkan angka 2,5 juta bukan sebuah hal yang sulit. Asal satu kuncinya, vaksinnya ada," pungkas Jokowi. (rh/zul/fin)

Sumber: