PPDB Dimulai, Komisi IV DPRD Brebes Sidak PPDB ke Sekolah

PPDB Dimulai, Komisi IV DPRD Brebes Sidak PPDB ke Sekolah

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMP negeri di Kabupaten Brebes hari ini mulai melakukan pendaftaran, Senin (21/6). 

Untuk memastikan berjalan dengan lancar dan tidak terjadi kerumunan, Komisi IV DPRD Brebes melakukan sidak ke sejumlah sekolah SMP negeri yang mulai melakukan PPDB. 

Salah satu sekolah yang dikunjungi yakni, SMP Negeri 1 Brebes. Saat pemantauan, sekolah tersebut digeruduk calon siswa dan orangtuanya untuk melakukan pendaftaran PPDB online di hari pertama. 

Mereka mendatangi sekolah agar dipandu saat melakukan pendaftaran. Pasalnya tidak sedikit orangtua siswa gagap teknologi (gaptek), sehingga sistem pendaftaran secara online ini tidak bisa dipahami calon orangtua siswa. 

Kunjungan Komisi IV DPRD Kabupaten Brebes ke sekolah tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Muhaimin Sadirun. 

Muhaimin melakukan inspeksi mendadak (sidak) proses PPDB online di SMP Negeri 1 Brebes, mulai dari protokol kesehatan hingga saat guru memandu orangtua calon siswa untuk mendaftarkan anaknya. 

"Hari ini kita pantau pelaksanaan PPDB Online di SMPN 1 Brebes. Dan memang masih banyak calon wali murid yang gaptek, sehingga perlu pemahaman," terangnya. 

Muhaimin menyebutkan, selain orangtua calon siswa yang kurang melek teknologi, tradisi mengantarkan anak mendaftar sekolah juga hingga saat ini masih berlaku. 

Terlebih, tidak sedikit calon siswa SMP Negeri 1 Brebes yang rumahnya jauh dari perkotaan. Mereka merasa kesulitan untuk mendaftarkan anaknya sekolah secara online. 

"Kebanyakan calon siswa ini dari pedesaan. Sehingga tradisi mengantar anak untuk mendaftar masih kental," terangnya. 

Meskipun terjadi kerumunan saat hari pertama pendaftaran PPDB secara online, pihaknya mengingatkan agar pihak sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Untuk memantau protokol kesehatan di SMP Negeri 1 Brebes, Muhaimin pun mengelilingi lingkungan sekolah sembari mengingatkan orangtua calon siswa, agar tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Brebes Dharma Suhaeri mengatakan, pendaftaran PPDB online di tingkat SMP dibuka mulai hari ini atau 21 hingga 30 Juni mendatang. 

Kemudian verifikasi berkas siswa dilakukan pada 1-2 Juli nanti. Untuk pengumuman penerimaan 3 Juli, dan untuk daftar ulang rencananya pada 5-7 Juli mendatang. 

Sumber: