Diduga Tersambar Api Bekas Pembakaran Sampah, Rumah di Brebes Ludes Terbakar

Diduga Tersambar Api Bekas Pembakaran Sampah, Rumah di Brebes Ludes Terbakar

Sebuah rumah milik seorang warga Desa Pakijangan Kecamatan Bulakamba, Selasa (7/7) dini hari terbakar. Diduga, rumah tersebut terbakar karena tersambar api bekas pembakaran sampah. 

Danramil 07 Bulakamba Kodim 0713 Brebes Kapten Infantri Tuteng Aryolona mengatakan, dari informasi yang diterima, rumah yang terbakar tersebut milik Samsudin (65). Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. 

“Diduga rumah warga ini terbakar karena tersambar api bekas pembakaran sampah. Ditambah, rumah milik korban ini terbuat dari bahan yang mudah terbakar," ujarnya. 

Dijelaskannya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Samsudin bersama istri dan kedua anaknya sempat keluar rumah untuk melihat nyala api di pojokan rumah. Namun karena api cepat membesar melahap dinding rumah, mereka pun tidak dapat memadamkannya dan berteriak meminta pertolongan warga sekitar. 

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, total kerugian kurang lebih mencapai Rp60 juta,” sambungnya. 

Dalam kesempatan tersebut, anggota yang berada di lokasi mengimbau kepada warga agar berhati-hati saat membakar sampah. Salah satunya menjauhkan dari pemukiman dan memperhatikan arah angin. 

"Kita juga imbau ke warga agar memastikan puntung rokok mati sebelum dibuang, dan tidak membuangnya sembarangan," tandasnya. 

Informasi dari tetangga korban, Sodikin (65), api cepat menyambar rangka atap rumah sehingga upaya pemadaman api dengan air seadanya tidak berhasil. 

Beberapa saat berselang, mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian dan memadamkan kobaran api. Namun rumah tersebut sudah rata dengan tanah. (ded/ima)

Sumber: