Hingga Senin, 10.406 Pemudik Tiba di Brebes

Hingga Senin, 10.406 Pemudik Tiba di Brebes

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) setempat terus melakukan pendataan terhadap pemudik yang masuk kota bawang merah tersebut. Tercatat, hingga Senin (10/5) lalu, jumlah pemudik yang masuk Brebes mencapai 10.406 orang.

Kepala Dinpermades Kabupaten Brebes Subagyo mengatakan, aplikasi Jogo Tonggo mencatat, hingga pukul 20.00 WIB, Senin lalu mencapai 10.406 pemudik telah tiba di Brebes. Jumlah tersebut tersebar di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes.

“Total hingga Senin malam ada 10.406 pemudik yang telah balik dari perantauan,” ungkapnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon genggamnya, Selasa (11/5).

Dijelaskannya, dari 17 kecamatan yang ada, Kecamatan Sirampog merupakan wilayah yang jumlah pemudik yang tiba di Brebes paling banyak. Yakni mencapai 1.818 orang. Disusul oleh Kecamatan Bantarkawung 1.211 orang.

“Sedangkan jumlah paling sedikit di Kecamatan Songgom yakni 143 pemudik. Namun, jumlah ini akan terus berubah setiap harinya,” terangnya.

Karenanya, mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik yang pulang kampung ke Brebes, dirinya meminta kepada setiap desa untuk lebih memaksimalkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di tingkat desa. Pasalnya, desa merupakan garda terdepan dalam melaporkan setiap warga yang baru pulang dari luar Brebes.

“Setiap desa ini ada Posko PPKM Mikro, jadi kita harapkan PPKM Mikro ini bisa ditingkatkan lagi. Ini sebagai upaya pencegahan Covid-19 di Brebes. Khusus bagi pemudik yang sudah tiba di Brebes untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: