Selama Bulan Ramadan, RSUD dr Soeselo Gelar Bakti Sosial

Selama Bulan Ramadan, RSUD dr Soeselo Gelar Bakti Sosial

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soeselo Slawi Kabupaten Tegal menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) dalam rangka Gebyar Ramadan 1442 Hijriyah.

Kegiatan bakti sosial yang digagas oleh RSUD dr. Soeselo Peduli ini antara lain, donor darah sukarela, pembagian takjil kepada penunggu pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan rawat inap, pemberian pakaian pantas pakai, pembagian sembako dan pemberian santunan kepada anak yatim-piatu. 

Direktur RSUD dr Soesilo Slawi, dr Guntur Muhammad Taqwin M.Sc Sp. An, Senin (10/5) mengatakan, kegiatan diawali dengan donor darah. Kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah karyawan RSUD dr Soeselo dan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal.

Karyawan RSUD sangat antusias mengikuti donor darah ini. "Jumlah karyawan yang mendonorkan darahnya sebanyak 70 orang. Jumlah itu terbagi menjadi dua gelombang," katanya.

Program RSUD Soeselo Peduli di bulan penuh berkah ini, tambah Guntur Muhammad Taqwin, dilanjutkan dengan pembagian takjil untuk berbuka puasa kepada para penunggu pasien di ruang IGD. Pembagian di ruang tersebut dilakukan setiap hari selama Ramadan.

"Sedangkan untuk pembagian takjil kepada penunggu atau keluarga pasien di seluruh ruang rawat inap, dilakukan setiap hari Senin dan Kamis," tambahnya.

Pihak rumah sakit, lanjut Guntur Muhammad Taqwin, juga membagikan pakaian pantas pakai kepada masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan itu digelar, Rabu (5/5).

Ditanggal yang sama pula, tim RSUD Soeselo Peduli juga membagikan 100 paket sembako kepada petugas cleaning service, petugas parkir, marbot masjid dan sejumlah pengemudi becak di sekitar area rumah sakit.

Kemudian untuk puncak acara Gebyar Ramadan ini yakni, menyantuni dan memberikan bingkisan kepada 50 anak yatim piatu. Pembagian santunan dipusatkan di Masjid Nurussy Syifa, Jumat (30/4), atau bertepatan dengan Nuzulul Quran.

Acara baksos yang dilaksanakan di tengah situasi pandemi ini, diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan. Meski demikian, acara baksos ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan antara lain dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

"Program RSUD Peduli ini merupakan agenda rutin kami. Semoga seluruh kegiatan ini bermanfaat untuk semuanya," tutup dr Guntur. (adv/guh)

Sumber: