Capai 267 Orang, Penderita Kusta di Brebes Terbanyak di Jateng

Capai 267 Orang, Penderita Kusta di Brebes Terbanyak di Jateng

Ratusan warga di Kabupaten Brebes terserang penyakit kusta. Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebe, hingga saat ini sebanyak kurang lebih 267 warga di kota bawang merah tersebut terserang kusta. 

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Brebes Johan Asanni mengatakan, jumlah penderita kusta di Kabupaten Brebes yang mencapai 267 orang menempatkan kabupaten yang identik dengan telur asin itu diperingkat pertama dengan jumlah penderita terbanyak di Jawa Tengah (Jateng). Jumlah tersebut tersebar di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes. 

“Kurang lebih (penderita kusta) hampir 267 orang. Jumlah tersebut hampir hampir merata di wilayah utara dan tengah. Dan di wilayah selatan ada, tapi hanya sedikit,” ungkapnya, Kamis (22/4). 

Diterangkannya, 267 penderita kusta itu terbagi dua. Yaini, tujuh orang penderita kusta kering dan 260 orang menderita kusta basah. Selain itu, kusta pada anak ada 11 orang. 

Banyaknya penderita kusta di wilayah Brebes, memerlukan perhatian khusus dari semua elemen masyarakat. Saat ini, pihaknya terus melakukan upaya pencegahan kepada masyarakat dengan mengimbau warga untuk tetap melakukan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) yang baik dan benar. 

“Pasalnya, lingkungan yang kurang bersih menjadi salah satu penyebab terjangkitnya penyakit kusta. Untuk itu, kami harap masyarakat bisa menerapkan PHBS yang baik dan benar,” terangnya. 

Saat ini, lanjutnya, dalam memutus mata rantai penyebaran penyakit kusta di Brebes, pihaknya telah melakukan penyuluhan kepada warga awam terhadap penyakit kusta. Serta memberikan perawatan kepada penderita yang sudah tertular. 

“Hingga saat ini kita masih melakukan penyuluhan ke masyarakat terkait salah satu penyakit menular ini. Sehingga, bisa memutus mata rantai penyebarannya,” pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: