Ramadan, Star Pencanangan Hidup Sukses

Ramadan, Star Pencanangan Hidup Sukses

Oleh: Dr Basukiyatno MPd
(Dosen Magister Pedagogi Pasca Sarjana UPS Tegal)

Profil Sukses

Setiap orang menginginkan hidup sukses. Apapun profesinya, di manapun tinggalnya, mereka semua ingin hidup sukses.     Nabi Muhammad SAW, diangkat menjadi nabi dan rasul pada usia 40 tahun dan wafat pada usia 63 tahun. 

Dalam kurun waktu 23 tahun, baginda Rasul menyebarkan agama Islam dan telah berhasil merevolusi bangsa Arab dari bangsa yang jahiliyah menjadi bangsa yang beradab dan terhormat.

Kepemimpinan baginda Rasul tercatat dengan tinta emas sebagai pemimpin tersukses, pemimpin nomer satu dari 100 tokoh paling berpengaruh sepanjang masa (Michael Hart, 2005). 

Apa kunci suksesnya? Salah satunya Allah menawarkan Ramadan pada setiap tahunnya. 

Ramadan memberi fasilitas kepada setiap muslim untuk merevolusi diri, merubah mental, merubah moral, dari koruptor, penghianat, pembohong, munafik, pelacur, perampok, dan segudang predikat jahat lainnya menjadi seorang yang taqwa, orang yang terhormat, orang yang santun, berakhlak, sukses dalam hidupnya. 

Pahamkan bahwa tidak ada satu program pendidikan ciptaan manusia yang lebih sempurna dari  program pendidikan Allah, yakni syiam ramadhan. Maka setiap ramadhan harus dijadikan revolusi mental kita masing-masing, keluarga, dan bangsa kita Indonesia tercinta, menjadi orang yang bertakwa. Jadikan ramadan star pencanangan hidup sukses. 

Syiam ramadan adalah revolusi mental, revolusi akhlak manusia, sesuai perintah Allah agar puasa menjadikan orang yang bertakwa. Revolusi adalah perubahan mendasar dengan waktu yang seksama dan sesingkat-singkatnya. Hal itu sangat dimungkinkan di bulan ramadan. 

Syiam ramadan membentuk orang menjadi orang bertakwa. Profil orang yang jujur, amanah, rajin, semangat, ulet, pemberani dan santun. Orang yang jauh dari kesombongan, iri, dengki, menang sendiri, pembohong, munafik, malas, loyo dan kejahatan lainnya. Orang taqwa rajin mengerjakan perintah tuhan Allah dan menjauhi larangannya. Orang rajin ibadah dan paling bermanfaat bagi sesamanya. 

Proses Pencapaian Sukses

Setiap orang mempunyai pandangan, strategi dan cara yang berbeda dalam meraih sukses. Secara umum mereka siap bekerja keras untuk meraih sukses. Banyak yang berhasil mencapainya, tetapi juga tidak sedikit yang mengalami gagal total. Banyak pakar yang menawarkan kunci sukses, tetapi tetap saja banyak yang belum berhasil meskipun telah mengikutinya dengan cara yang sungguh-sungguh. 

Syiam ramadan mendidik sekaligus melatih kejujuran. Hal yang menjadi modal utama untuk meraih kepercayaan. Tuhan Allah memproses kejujuran dengan memberikan satu penghargaan bahwa ‘Puasa itu bagi-Ku (Allah), maka Akulah  (Allah) yang berhak membalas dengannya’ (alhadist).  Dalam kehidupan sesungguhnya selalu ada peluang untuk berdusta. 

Namun sesungguhnya kejujuran adalah rahasia utama antara Allah dengan hamba yang berpuasa. Bagi orang yang mengedepankan kejujuran maka sesungguhnya Allah yang lebih tahu, sehingga Allah sendiri yang berhak memberi pahala dengan besaran dan kelipatannya. Jujur merupakan salah satu pelajaran dan pelatihan pokok dari syiam ramadhan. Jujur adalah modal utama untuk sukses dalam kehidupan manusia. 

Sumber: