Kota Lama di Banyumas Diusulkan Masuk Dalam Program Kota Pusaka

Kota Lama di Banyumas Diusulkan Masuk Dalam Program Kota Pusaka

Berupaya lakukan pengembangan kawasan Kota Lama di Banyumas, Pemerintah Kabupaten Banyumas saat ini mengusulkan Kawasan Kota Lama tersebut masuk dalam program Kota Pusaka Kementerian PUPR

"Kemarin ada rapat di Bappeda, itu terkait nanti kawasan kota lama itu kita usulkan ke pusat sebagai program kota pusaka," kata Wahyudiono, Kabid Tata Bangunan DPU Kabupaten Banyumas kepada Radarbanyumas.co.id, Jumat (9/4).

Sudah dibuat proposal terkait hal tersebut, dengan adanya hal itu, Wahyudiono menambahkan, bisa mendapatkan anggaran dari Pusat.

"Kemarin kita membuat proposal yang akan disampaikan kesana, dan mudah-mudahan kalau proposal ini berhasil, bisa masuk dalam program itu, bisa mendapatkan anggaran dari pusat," tambahnya.

Merupakan program dari Kementerian PUPR, Wahyudino juga melanjutkan, syarat-syarat untuk memenuhi kategori masuk dalam Kota Pusaka itupun sudah disiapkan.

"Itu program dari kementerian PU, itukan ada syarat-syaratnya bisa masuk dalam program itu, itu syarat-syaratnya seperti apa kemarin kita siapkan semua, nanti mungkinkan diverifikasi dan sebagainya," lanjutnya.

Dan adanya usulan tersebut, menurutnya, Kota Lama Banyumas bisa menjadi Kota Pusaka atau Kota Warisan Budaya yang bisa menjadi destinasi wisata.

"Apakah revitalisasi kota dan kita memang mengharapkan seperti itu. Kota lama banyumas menjadi kota pusaka atau kota warisan budaya sehingga bisa menjadi destinasi wisata, atau destinasi kebudayaan," pungkasnya. (win/zul)

Sumber: