Ini Rangkaian Kegiatan HUT Kota Tegal ke-441, Simak Ya

Ini Rangkaian Kegiatan HUT Kota Tegal ke-441, Simak Ya

Meski sederhana karena adanya pandemi Covid-19, sejumlah kegiatan direncanakan akan digelar untuk memeriahkan HUT Kota Tegal ke-441. 

Adapun tema yang diusung kali ini yakni Teteg Nyambut Gawe, Tatas Alangane.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kota Tegal Muhammad Rudy Herstyawan mengatakan, rangkaian peringatan hari jadi dilaksanakan secara sederhana karena saat ini masih pandemi Covid-19. Selain itu, pelaksanaan kegiatan tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan virus.

"Itu sesuai filosofi logo Hari Jadi ke-441 Kota Tegal, dengan desain sederhana, tanpa ornamen atau fitur, sebagai gambaran kesederhanaan di masa pandemi," katanya.

Menurut Rudi, kegiatan hari jadi tidak banyak aktivitas, apalagi yang sarat massa. Selanjutnya, desain hanya menggunakan garis lurus dan lipatan, tanpa lekukan.

"Ini menandakan harapan bahwa semua aktivitas yg berlangsung di Kota Tegal berjalan lurus, sesuai tuntunan agama dan aturan hukum,” jelasnya.

Adapun ragam warna dalam logo, kata Rudi, sebagai gambaran ragam suku, agama, dan budaya masyarakat Kota Tegal. Kesemuanya bisa tampak indah, saat berada dalam satu kerukunan dan tatanan yang sesuai.

"Terkait tema, artinya mantap bekerja, sirna semua halang rintang," jelasnya.

Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono dalam video sambutan Hari Jadi ke-441 yang diunggah di media sosial milik pemerintah dengan menggunakan bahasa Tegalan mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh warga. 

“Sedulur-sedulur, jakwir-jakwir rakyat Kota Tegal. Tanggal rolas April taun rong ewu salikur, Kota Tegal ngancik umur patangatus patangpuluh siji taun. Enyong Wali Kota Tegal ngucapna Selamat Ulang Taun kanggo kabeh masyarakat Kota Tegal."

Selanjutnya, wali kota juga mengajak masyarakat agar mantap bekerja. 

"Kelawan tema Teteg Nyambut Gawe, Tatas Alangane, hayuh awake dewek tambah teteg mantep nyambut gawe. Eben tambah maju kotane, tambah omber barokahe, tambah rejeh rejekine. Kota Tegal pancen Yahud!” katanya.

Sedangkan rangkaian Hari Jadi Kota Tegal tahun ini hanya ada beberapa kegiatan. Antara lain Rapat Paripurna Istimewa di Gedung Paripurna DPRD Kota Tegal, Minggu (11/4) pukul 09.00 WIB, Tasyakuran pada Minggu (11/4 di Pendapa Ki Gede Sebayu pukul 19.30 WIB, 

Upacara HUT Kota Tegal menggunakan bahasa Tegal pada Senin (12/4) pukul 08.00 WIB di Halaman Pendapa Ki Gede Sebayu Komplek Balai Kota Tegal dan Ziarah ke Makam Ki Gede Sebayu di Desa Danawarih Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. (muj/ima)

Sumber: