Sinergi Antar Lembaga, Lapas Tegal Lakukan Razia Terpadu

Sinergi Antar Lembaga, Lapas Tegal Lakukan Razia Terpadu

Dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57, Lapas Kelas IIB Tegal melaksanakan razia gabungan dan operasi  penggeledahan blok hunian  di lingkungan lapas, Selasa (6/4).

Razia gabungan yang dimulai pukul 20.00 ini selain dari jajaran Lapas Tegal juga melibatkan tim dari BNN Tegal dan Polres Tegal Kota. 

Kalapas Tegal Andi Yudho Sutijono menuturkan, pada razia gabungan ini dilakukan penggeledahan blok atau sel hunian serta tes urine terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP) secara acak dengan hasil seluruhnya negatif. Adapun hasil razia/operasi  penggeledahan ditemukan antara lain dua unit handphone, empat kepala charger, satu buah baterai, kabel USB dan empat buah headset yang selanjutnya akan didata, diinventarisir dan diamankan untuk dilakukan pemusnahan.

"Misi utama giat malam ini adalah deteksi dini dan memberantas peredaran narkoba di lingkungan Lapas Tegal sekaligus sinergi antar lembaga," tutur Yudho.

Razia gabungan ini juga dilaksanakan serentak di seluruh Lapas/Rutan  se-Jawa Tengah sebagai bagian dari kegiatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57.

Kepala BNN Tegal Sudirman yang turut hadir pada kegiatan razia ini menyambut baik langkah yang diambil Kalapas. "Ini adalah wujud sinergitas yang positif, kami berharap sinergi ini dapat terus berlanjut sebagai tindakan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan," ungkap Sudirman.

Sementara itu Kasat Narkoba Polres Tegal Kota Slamet Sugiharto yang mewakili Kapolresta, sangat mengapresiasi dan akan selalu mendukung serta mendampingi setiap langkah yang dilakukan guna mencegah peredaran narkoba khususnya di lingkungan Lapas.

"Hasil yang kita capai malam ini sangat menggembirakan, semoga bisa menjadi momen serta awal yang baik ke depannya. Kami dari jajaran Lapas Tegal terus berkomitmen untuk melakukan yang terbaik," tambah Yudho

Pada momen Hari Bakti Pemasyarakatan tahun ini juga dilaksanakan beberapa kegiatan lainnnya,  diantaranya Donor darah, lomba desain logo Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57, pameran hasil karya warga binaan serta Lapas Peduli sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar lingkungan lapas.(adv)

Sumber: