Jelang PTM di Brebes, Ratusan Guru Divaksin Covid-19

Jelang PTM di Brebes, Ratusan Guru Divaksin Covid-19

Menjelang pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Brebes, ratusan guru menjalani vaksinasi Covid-19. 

Mereka berasal dari empat sekolah yang akan menjadi percontohan dalam pelaksanaan PTM yaitu SMAN 3 Brebes, MAN 1 Brebes, SMKN 1 Kersana dan SMPN 1 Brebes. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Imam Budi Santoso mengatakan, 330 guru dari empat sekolah tersebut divaksin. Dengan rinciannya, SMAN 3 Brebes 75 orang MAN 1 Brebes 73 orang SMKN 1 Kersana 126 orang dan SMPN 1 Brebes 56 orang. 

"Vaksinasi terhadap guru di empat sekolah tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni hari ini dan kemarin dengan total sasaran mencapai 330 guru," ujarnya, Selasa (31/3). 

Seperti diketahui, rencananya PTM di Kabupaten Brebes akan dilaksanakan pada Senin (5/4) mendatang. Meski demikian, pembatasan dalam pelaksanaan PTM di setiap sekolah akan dilakukan pembatasan dan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. 

"Pemberian vaksinasi terhadap tenaga pendidik ini sebagai upaya dalam menyukseskan PTM yang dilaksanakan di Kabupaten Brebes," terangnya. 

Tepisah, Kepala SMPN 1 Brebes Drs Dharma Suhaeri mengatakan, di sekolahnya ada 56 guru yang menjadi sasaran dalam menerima vaksinasi Covid-19 ini. Namun, dua di antaranya tidak mengikuti karena sedang hamil dan memiliki penyakit komorbid. 

"SMPN 1 Brebes menjadi satu-satunya sekolah menengah pertama di Brebes yang menjadi ploting pelaksanaan PTM. Dan sejumlah persiapan sudah dilakukan," ujarnya. 

Selain kesiapan tenaga pendidik yang sudah divaksin, persiapan sarana dan prasarana lain juga telah dilakukan oleh pihaknya. Yakni, menyiapkan tempat cuci tangan serta menjaga lingkungan agar selalu bersih. 

"Salah satu syarat pelaksanaan PTM yakni tenaga pendidik dan guru harus divaksin. Dan itu sudah dilaksnakan oleh tenaga pendidik dan guru di SMP N 1 Brebes. Semoga, pelaksanaan PTM ini bisa berjalan dengan lancar," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: