Daerah Kawasan Wisata Guci Diterjang Puting Beliung, Lima Rumah Rusak

Daerah Kawasan Wisata Guci Diterjang Puting Beliung, Lima Rumah Rusak

Angin puting beliung menerjang kawasan Guci, tepatnya di Desa Tuwel RT 03 RW 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal, Jumat (26/3). Lima rumah milik warga mengalami rusak ringan hingga berat setelah diterjang angin puting beliung tersebut.

Sekretaris Abdimas dan Humas Kwarcab Tegal, Teguh Herdi Nurcahyo, Sabtu (27/3) mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hanya saja, pemilik rumah mengalami kerugian yang cukup banyak. Bahkan, ada satu kepala keluarga yang mengungsi.

Informasi dari Pramuka Peduli Kwarran Bojong, angin puting beliung yang menyapu rumah warga di Desa Tuwel terjadi pada pukul 11.30 WIB. Warga yang melihat itu ketakutan dan berupaya menyelamatkan diri. Mereka berteriak meminta tolong ketika atap rumahnya disapu angin kencang.

"Ada lima rumah yang rusak ringan dan berat. Saat ini tim relawan gabungan sedang melakukan evakuasi dan membantu korban," katanya.  

Pemilik lima rumah yang rusak itu, tambah Teguh Herdi Nurcahyo, yakni Sholehudin (45), Faizin (61), Muhammad (58), Kholidin (62) dan Rais (70). Dari jumlah itu, hanya 1 rumah yang mengalami rusak berat, yakni milik Sholehudin. Ia mengalami kerugian sekitar Rp5 juta.

Sedangkan lainnya hanya rusak ringan, namun kerugian mereka beragam. Mulai dari Rp400 ribu hingga Rp2 juta. "Mayoritas atapnya yang rusak. Karena atapnya menggunakan seng," tambahnya.

Dari lima rumah itu, lanjut Teguh Herdi Nurcahyo, satu kepala keluarga terpaksa mengungsi. Hal itu karena kondisi rumahnya rusak berat dan masih trauma. Adapun, petugas yang melakukan evakuasi di lokasi yakni, anggota TNI Polri, BPBD, Pramuka Peduli, PMI dan RAPI. Sedang puing-puing yang berserakan sudah dibersihkan oleh petugas. (guh/zul)

Sumber: