Sempat Ada Getaran, Rumah di Bumiayu Rata dengan Tanah

Sempat Ada Getaran, Rumah di Bumiayu Rata dengan Tanah

Sebuah rumah di RT 02 RW 02 Dukuh Blere Desa Adisana Kecamatan Bumiayu, Sabtu (13/3) roboh. Kejadian yang terjadi sekitar pukul 09.00 WIB tersebut sempat ada getaran di lokasi kejadian. 

Koordinator Satgas PB BPBD Kabupaten Brebes Budi Sudjatmiko mengatakan, rumah yang roboh tersebut milik Tohari warga setempat. Di mana, dalam rumah tersebut terdapat delapan orang yang masih satu keluarga yang terdiri dari tiga Kepala Keluarga (KK). 

"Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Sebab, sebelum ada kejadian sempat ada getaran dan ada jeda buat orang rumah untuk ke luar," ungkapnya. 

Dijelaskannya, saat ini keadaan rumah dalam kondisi rusak berat. Selain ada getaran sebelum kejadian, rumah tersebut juga merupakan bangunan yang sudah tua. 

"Kerusakan yang terjadi yakni di bagian tembok tengah dan seluruh atap bangunan mengalami rusak berat," jelasnya. 

Ditambahkannya, setelah kejadian tersebut, pihaknya melakukan assesment terkait kronologi dan dampak kejadian tersebut. Selain itu, relawan dan warga setempat bergotong-royong membersihkan material bangunan. 

"Selain itu, kami mengimbau kepada warga untuk selalu berhati-hati dan waspada apabila beraktivitas di dalam maupun luar ruangan. Mengingat sekarang sedang musim penghujan dengan intensitas yg cukup tinggi," terangnya. 

"Untuk pemerintah desa (pemdes) dan dinas terkait untuk pendataan rumah yang sudah tua dan sangat membahayakan bagi penghuninya agar kejadian serupa tidak terjadi lagi," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: