Jalan Tol Pantura-Pansela Lewati Banyumas, Exit Tol Direncanakan di Ajibarang

Jalan Tol Pantura-Pansela Lewati Banyumas, Exit Tol Direncanakan di Ajibarang

Rencana pembangunan jalan tol yang menghubungkan area pantai utara (Pantura) dan pantai selatan (Pansela), sudah dilakukan sejak awal 2020. Nantinya akan melewati Banyumas.

"Sampai sekarang belum ada informasi lagi dari pemerintah pusat maupun provinsi, untuk kelanjutan pembangunan jalan tol ini," ujar Kasubid Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Bappeda Kabupaten Banyumas, Barkah.

Rencana awal jalan tol yang melewati Banyumas ke arah timur ke arah Purbalingga, dan pintu keluar tol di daerah Ajibarang.

Barkah mengatakan, kemungkinan karena pandemi covid-19, perencanaan jadi terhenti sementara. Dan bisa jadi nantinya ada perubahan rencana pintu keluar.

"Kita cuma bisa nunggu informasi perkembangan selanjutnya, apakah ada perubahan rencana atau tidak," katanya.

Saat ini informasi dari pihak PUPR sudah melakukan pantauan di lokasi yang akan dilalui jalan tol. Perlu ada survei di lapangan. Sebab bisa jadi kondisi di lapangan dengan dokumen yang dibuat berbeda.

Barkah menyontohkan, bisa jadi ada bangunan cagar budaya yang tidak boleh dipugar. Atau ada peraturan mengenai tata ruang di area tersebut.

"Mungkin survei lokasi dulu, kalau sudah pas akan hubungi Pemda Banyumas," imbuhnya.

Selain itu juga perlu ada perencanaan dan sosialiasi pada masyarakat yang terdampak. Dan diutamakan jangan sampai ada perlintasan jalan sebidang. (ely/zul)

Sumber: