Dedy Yon Serahkan Program TMMD Tahap I TA

Dedy Yon Serahkan Program TMMD Tahap I TA

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono menyerahkan program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) tahap I tahun anggaran 2021 pada Selasa (2/3) siang. Program itu, menargetkan sasaran fisik berupa saluran air di Jalan Merah Putih, RT 01 dan RT 02 RW I, Kelurahan Mangkukusuman Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. 

Perwira Pelaksana TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2021, di wilayah Kodim 0712/Tegal Kapten Inf. Shokib Setyadi, dalam laporannya mengatakan, sasaran fisik pada giat TMMD di Kelurahan Mangkukusuman berupa pemasangan saluran U-Ditch. Sedangkan untuk pelaksanaan Pra TMMD, sudah dilaksanakan mulai  Selasa- Kamis (16-25/2) lalu. 

"Untuk pelaksanaan TMMD akan dilaksanakan mulai Selasa-Rabu (2-31/3)," katanya. 

Menurut Sokib, selain fisik, kegiatan juga sasaran nonfisik. Meliputi penyuluhan TMMD, wawasan kebangsaan dan bela negara, protokol kesehatan, pencegahan bahaya stunting pada anak, kenakalan remaja dan narkoba, Keluarga Berencana, kesehatan dan posyandu.

Disebutkan, untuk total anggaran giat TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2021 ini sejumlah, Rp502 juta. Berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah Rp251 juta dan APBD Kota Tegal Rp251 juta.

Camat Tegal Timur Dorres Indrian Nugroho menyampaikan, dengan TMMD yang dilaksanakan di wilayah Kelurahan Mangkukusuman, sangat membantu pihaknya. Sebab Kelurahan Mangkukusuman, menurut Dorres, merupakan etalasenya Kota Tegal. 

"Sebagian besar tempat fasilitas publik di Kota Tegal ada di Kelurahan Mangkukusuman," ujarnya. 

Menurut Dores, giat itu implikasinya sangat positif untuk Kelurahan Mangkukusuman khususnya untuk revitalisasi saluran. Dirinya berharap dari kegiatan TMMD ini akan memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat di sekitar Kelurahan Mangkukusuman, khususnya di sekitar lokasi giat agar bisa guyub rukun turut bergotong royong untuk bisa membantu TNI dalam melaksanakan revitaslisasi saluran," tandasnya. 

Dores menambahkan, masyarakat juga diharapkan nantinya bisa membantu menjaga dan merawat yang sudah dikerjakan. Kemudian bisa menjaga lingkungan agar selalu bersih. (muj/ima)

Sumber: